Diunggah pada 20 Januari 2023

Ukuran Pintu Rumah: Panduan Lengkap 2023

Oleh Admin Citra Kayon

Ukuran Pintu Rumah: Panduan Lengkap 2023

Tahukah Anda bahwa terdapat ukuran standar pintu rumah yang berbeda pada tiap jenis pintu? 

Jika Anda ingin membuat pintu rumah, penting untuk melakukan perhitungan ukuran standar sesuai dengan jenis pintu yang akan Anda buat. Pasalnya, ukuran tersebut sangat berpengaruh terhadap fungsi utama dari pintu tersebut. Jika salah ukuran, bisa jadi pintu yang Anda buat tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui dan memahami ukuran standar pintu untuk membuat pintu rumah yang ideal.

Perhitungan ukuran standar pintu rumah dilakukan berdasarkan lebar dan tinggi dari orang-orang yang melalui pintu tersebut. Ini berarti selain anggota keluarga sebagai penghuni rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan tinggi dari tamu yang akan berkunjung ke rumah. 

Jika Anda tinggal di Indonesia, maka tentunya sebagian besar tamu yang akan berkunjung adalah orang Indonesia yang memiliki tinggi rata-rata berkisar 160 - 180 cm. Artinya, Anda harus membuat pintu rumah yang memiliki ketinggian lebih dari 180 cm. Hal yang terdengar sederhana seperti ini justru menjadi poin penting yang harus dipahami dalam membuat konstruksi rumah. 

Indonesia memiliki beberapa ukuran standar pintu rumah yang berbeda tergantung dari fungsi dan jumlah pintu sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Fungsi pintu yang dimaksud yaitu peletakan pintu dalam suatu ruangan, misalnya terdapat pintu rumah depan, pintu kamar, pintu kamar mandi, pintu rumah minimalis, hingga pintu rumah mewah. 

Semua jenis pintu tersebut memiliki dua komponen yaitu daun pintu dan kusen pintu. Daun pintu merupakan bagian pintu yang bisa dibuka tutup, sementara kusen pintu merupakan bingkai dari daun pintu. Kedua komponen tersebut juga memiliki ukuran standar tertentu yang bergantung pada jenis pintu. 

Agar lebih mudah memahami ukuran standar pintu rumah tersebut, berikut kami sajikan rinciannya untuk Anda!

Standar Ukuran Pintu Rumah Depan

Ukuran standar pintu rumah depan

Untuk pintu rumah utama atau pintu depan, andalan masyarakat Indonesia yaitu menggunakan pintu utama 1 daun. Berdasarkan SNI, ukuran standar pintu rumah depan yaitu memiliki daun pintu berukuran lebar dan tinggi berkisar (80, 90,120) cm x (200, 210, 240) cm. Namun, masyarakat Indonesia umumnya menggunakan ukuran standar pintu rumah depan yaitu 90 cm x 210 cm.

Perlu Anda ketahui bahwa ukuran lebar pintu tidak dianjurkan di bawah 80 cm. Hal tersebut dikhawatirkan akan menghambat proses memasukkan barang yang berukuran besar melalui pintu rumah depan. Alasan yang sama juga berlaku untuk tinggi pintu rumah yang tidak dianjurkan di bawah 200 cm. 

Sementara itu, kusen pintu rumah depan memiliki lebar dan tebal berkisar 60 x (10, 12, 13, 15); 8 x (10, 12, 15) dan 10 x (12, 15) dalam satuan cm. Namun, ukuran lebar paling ideal untuk kusen pintu rumah depan yaitu 6 cm, sedangkan ketebalannya dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah.

Standar Ukuran Pintu Rumah 2 Pintu

Ukuran standar pintu rumah 2 pintu

Pintu rumah 2 pintu memberikan kesan elegan dan luas pada rumah. Makanya, tidak sedikit pula rumah di Indonesia yang menggunakan pintu rumah 2 pintu. Selain visualnya yang terlihat luas, pintu rumah 2 pintu berfungsi untuk lebih memudahkan orang-orang atau barang untuk keluar masuk rumah. 

Ukuran standar pintu rumah 2 pintu berdasarkan SNI yaitu memiliki lebar dan tinggi berkisar (120, 150) cm x (200, 210, 240) cm untuk daun pintu. Namun, masyarakat lebih menyukai ukuran ideal untuk pintu rumah 2 pintu yaitu 120 cm x 210 cm.

Kusen pintu rumah 2 pintu memiliki ukuran lebar dan ketebalan yang sama dengan ukuran standar pintu rumah depan, yaitu 6 cm pada tiap sisinya.

Standar Ukuran Pintu Kamar

Ukuran standar pintu kamar

Pintu kamar tidur merupakan bagian terpenting dalam rumah. Kamar menjadi ruangan pribadi yang memiliki tingkat privasi tertinggi dari orang luar. Maka dari itu, pintu kamar harus ada di setiap rumah. Ukuran standarnya pun bergantung pada pemilik kamar tersebut. 

Biasanya, ukuran pintu kamar memiliki tinggi yang lebih rendah dibandingkan ukuran pintu depan rumah. Lebar dan tingginya pintu kamar tidur yaitu 80 cm x 200 cm.

Sementara itu, lebar minimal pintu kamar yaitu 75 cm, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan ukuran minimal pintu rumah. Hal tersebut dikarenakan mobilitas keluar masuk barang besar melalui pintu kamar tidak setinggi pintu rumah. 

Meskipun demikian, ukuran standar pintu kamar tetap diperlukan untuk cukup lebar agar dapat dilalui barang furnitur kamar yang berukuran besar seperti kasur dan lemari. 

Pintu kamar tidur juga bisa lebih tinggi dari ukuran standar apabila pemilik rumah memiliki tubuh yang tinggi. Perhitungan tinggi pintu yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan menambah sekitar 40 cm dari tinggi orang yang melalui pintu tersebut.

Untuk kusen pintu kamar, ukuran standarnya berkisar 1 - 1,5 cm. Ukuran tersebut berukuran 4x lebih kecil dibandingkan kusen pintu rumah. 

Standar Ukuran Pintu Kamar Mandi

Ukuran standar pintu kamar mandi

Berbanding terbalik dengan ukuran standar pintu rumah yang harus memiliki ukuran cukup lebar, pintu kamar mandi justru memiliki ukuran standar lebar dan tinggi yang cukup rendah, yaitu 70 cm x 180 cm. 

Perbedaan ukuran standar tersebut dikarenakan pintu kamar mandi bukan merupakan pintu akses untuk keluar masuk barang perabotan. Ukuran standar pintu kamar mandi didesain untuk dapat dilalui oleh satu orang, sehingga diperlukan ukuran yang tidak terlalu lebar ataupun terlalu sempit. 

Selain itu, perlengkapan kamar mandi yang berukuran besar seperti bath up juga sudah diletakkan di dalam kamar mandi sebelum dipasang pintu. Maka dari itu, ukuran pintu kamar mandi menjadi yang paling kecil dibandingkan dengan pintu lainnya. Bahkan, terdapat rumah yang menggunakan ukuran lebar 60 cm untuk kamar mandinya.

Meskipun memiliki lebar daun pintu yang lebih kecil, namun ukuran kusen pintu kamar mandi memiliki lebar yang sama dengan ukuran kusen pada pintu rumah, yaitu 6 cm pada tiap sisinya. 

Standar Ukuran Pintu Rumah Minimalis

Ukuran standar pintu rumah minimalis

Selanjutnya yaitu ukuran pintu rumah minimalis. Sekedar informasi, rumah minimalis bukan berarti rumah yang berukuran mini atau kecil. Rumah minimalis diartikan sebagai rumah dengan tata ruang yang sederhana dan efisien sesuai fungsinya. 

Maka dari itu, ukuran standar pintu rumah minimalis juga memiliki ukuran yang sama dengan ukuran standar pintu rumah depan, yaitu 90 cm x 210 cm. Begitupula dengan ukuran standar pintu rumah pada lebar kusennya, yaitu 6 cm pada tiap sisinya. 

Pintu rumah minimalis umumnya terdiri dari 1 daun pintu atau 2 daun pintu. Namun, jika ingin digunakan untuk pintu dalam rumah, maka terdapat banyak pilihan model pintu minimalis lainnya seperti pintu geser, pintu dorong, dan beberapa model lainnya.  

Standar Ukuran Pintu Rumah Mewah

Ukuran standar pintu rumah mewah

Standar ukuran pintu rumah mewah cukup berbeda dari standar ukuran pintu rumah yang lain. Rumah mewah memiliki bangunan yang umumnya berukuran besar. Hal tersebut tentunya juga mempengaruhi ukuran pintu yang juga lebih besar dibandingkan pintu rumah biasa. 

Tujuannya adalah agar bangunan rumah memiliki kontruksi yang proporsional. Biasanya, ukuran pintu rumah mewah dapat memiliki tinggi dan lebar berkisar 250 cm x 160 cm.

Ukuran tersebut bukan merupakan ukuran baku dari pintu rumah mewah. Pemilik rumah mewah cenderung memilih kustom ukuran pintu untuk rumahnya. Mereka dapat menggunakan pintu rumah dengan berbagai macam ukuran. 

Maka dari itu, ukuran standar pintu rumah mewah cenderung bersifat tidak sama pada berbagai rumah mewah. Tentunya, ini menjadi perbedaan yang cukup jauh dengan ukuran standar pintu rumah pada umumnya. 

Hal yang sama juga berlaku pada ukuran standar pintu rumah mewah untuk bagian kusennya. Kusen pintu rumah mewah juga didesain secara kustom sesuai dengan ukuran daun pintu yang dipilih oleh pemiliknya. 

Penutup

Berdasarkan standar ukuran pada 6 jenis pintu tersebut, dapat diketahui bahwa ukuran standar pintu rumah ideal bergantung pada dua elemen utama pintu, yakni daun dan kusen pintu. 

Ukuran daun pintu ideal memiliki tinggi rata-rata 210 cm dan lebar bervariasi, bergantung pada jenis pintu. Sementara itu, ukuran lebar kusen pintu yang paling umum digunakan yaitu 6 cm.

Berikut ulasan kami tentang ukuran standar pintu rumah pada berbagai jenis pintu. Kunjungi halaman Produk Citra Kayon untuk menemukan tipe kayu terbaik untuk kebutuhan pintu maupun furnitur-furnitur lainnya. Anda juga bisa menemukan informasi menarik lainnya seputar rumah dengan mengunjungi halaman Berita di sini

 

Artikel Terkait
Veneer Kayu Adalah: Pengertian, Jenis, hingga Alternatifnya
Veneer Kayu Adalah: Pengertian, Jenis, hingga Alternatifnya

Tahukah Anda bahwa terdapat ukuran standar pintu rumah yang berbeda pada tiap jenis pintu?  Jika Anda ingin membuat pintu rumah, penting untuk melakukan perhitungan ukuran standar sesuai dengan jenis pintu yang akan Anda buat. Pasalnya, ukuran tersebut sangat berpengaruh terhadap fungsi utama dari pintu tersebut. Jika salah ukuran, bisa jadi pintu yang Anda buat tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui dan memahami ukuran standar pintu untuk membuat pintu rumah yang ideal. Perhitungan ukuran standar pintu rumah dilakukan berdasarkan lebar dan tinggi dari orang-orang yang melalui pintu tersebut. Ini berarti selain anggota keluarga sebagai penghuni rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan tinggi dari tamu yang akan berkunjung ke rumah.  Jika Anda tinggal di Indonesia, maka tentunya sebagian besar tamu yang akan berkunjung adalah orang Indonesia yang memiliki tinggi rata-rata berkisar 160 - 180 cm. Artinya, Anda harus membuat pintu rumah yang memiliki ketinggian lebih dari 180 cm. Hal yang terdengar sederhana seperti ini justru menjadi poin penting yang harus dipahami dalam membuat konstruksi rumah.  Indonesia memiliki beberapa ukuran standar pintu rumah yang berbeda tergantung dari fungsi dan jumlah pintu sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Fungsi pintu yang dimaksud yaitu peletakan pintu dalam suatu ruangan, misalnya terdapat pintu rumah depan, pintu kamar, pintu kamar mandi, pintu rumah minimalis, hingga pintu rumah mewah.  Semua jenis pintu tersebut memiliki dua komponen yaitu daun pintu dan kusen pintu. Daun pintu merupakan bagian pintu yang bisa dibuka tutup, sementara kusen pintu merupakan bingkai dari daun pintu. Kedua komponen tersebut juga memiliki ukuran standar tertentu yang bergantung pada jenis pintu.  Agar lebih mudah memahami ukuran standar pintu rumah tersebut, berikut kami sajikan rinciannya untuk Anda! Standar Ukuran Pintu Rumah Depan Untuk pintu rumah utama atau pintu depan, andalan masyarakat Indonesia yaitu menggunakan pintu utama 1 daun. Berdasarkan SNI, ukuran standar pintu rumah depan yaitu memiliki daun pintu berukuran lebar dan tinggi berkisar (80, 90,120) cm x (200, 210, 240) cm. Namun, masyarakat Indonesia umumnya menggunakan ukuran standar pintu rumah depan yaitu 90 cm x 210 cm. Perlu Anda ketahui bahwa ukuran lebar pintu tidak dianjurkan di bawah 80 cm. Hal tersebut dikhawatirkan akan menghambat proses memasukkan barang yang berukuran besar melalui pintu rumah depan. Alasan yang sama juga berlaku untuk tinggi pintu rumah yang tidak dianjurkan di bawah 200 cm.  Sementara itu, kusen pintu rumah depan memiliki lebar dan tebal berkisar 60 x (10, 12, 13, 15); 8 x (10, 12, 15) dan 10 x (12, 15) dalam satuan cm. Namun, ukuran lebar paling ideal untuk kusen pintu rumah depan yaitu 6 cm, sedangkan ketebalannya dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah. Standar Ukuran Pintu Rumah 2 Pintu Pintu rumah 2 pintu memberikan kesan elegan dan luas pada rumah. Makanya, tidak sedikit pula rumah di Indonesia yang menggunakan pintu rumah 2 pintu. Selain visualnya yang terlihat luas, pintu rumah 2 pintu berfungsi untuk lebih memudahkan orang-orang atau barang untuk keluar masuk rumah.  Ukuran standar pintu rumah 2 pintu berdasarkan SNI yaitu memiliki lebar dan tinggi berkisar (120, 150) cm x (200, 210, 240) cm untuk daun pintu. Namun, masyarakat lebih menyukai ukuran ideal untuk pintu rumah 2 pintu yaitu 120 cm x 210 cm. Kusen pintu rumah 2 pintu memiliki ukuran lebar dan ketebalan yang sama dengan ukuran standar pintu rumah depan, yaitu 6 cm pada tiap sisinya. Standar Ukuran Pintu Kamar Pintu kamar tidur merupakan bagian terpenting dalam rumah. Kamar menjadi ruangan pribadi yang memiliki tingkat privasi tertinggi dari orang luar. Maka dari itu, pintu kamar harus ada di setiap rumah. Ukuran standarnya pun bergantung pada pemilik kamar tersebut.  Biasanya, ukuran pintu kamar memiliki tinggi yang lebih rendah dibandingkan ukuran pintu depan rumah. Lebar dan tingginya pintu kamar tidur yaitu 80 cm x 200 cm. Sementara itu, lebar minimal pintu kamar yaitu 75 cm, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan ukuran minimal pintu rumah. Hal tersebut dikarenakan mobilitas keluar masuk barang besar melalui pintu kamar tidak setinggi pintu rumah.  Meskipun demikian, ukuran standar pintu kamar tetap diperlukan untuk cukup lebar agar dapat dilalui barang furnitur kamar yang berukuran besar seperti kasur dan lemari.  Pintu kamar tidur juga bisa lebih tinggi dari ukuran standar apabila pemilik rumah memiliki tubuh yang tinggi. Perhitungan tinggi pintu yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan menambah sekitar 40 cm dari tinggi orang yang melalui pintu tersebut. Untuk kusen pintu kamar, ukuran standarnya berkisar 1 - 1,5 cm. Ukuran tersebut berukuran 4x lebih kecil dibandingkan kusen pintu rumah.  Standar Ukuran Pintu Kamar Mandi Berbanding terbalik dengan ukuran standar pintu rumah yang harus memiliki ukuran cukup lebar, pintu kamar mandi justru memiliki ukuran standar lebar dan tinggi yang cukup rendah, yaitu 70 cm x 180 cm.  Perbedaan ukuran standar tersebut dikarenakan pintu kamar mandi bukan merupakan pintu akses untuk keluar masuk barang perabotan. Ukuran standar pintu kamar mandi didesain untuk dapat dilalui oleh satu orang, sehingga diperlukan ukuran yang tidak terlalu lebar ataupun terlalu sempit.  Selain itu, perlengkapan kamar mandi yang berukuran besar seperti bath up juga sudah diletakkan di dalam kamar mandi sebelum dipasang pintu. Maka dari itu, ukuran pintu kamar mandi menjadi yang paling kecil dibandingkan dengan pintu lainnya. Bahkan, terdapat rumah yang menggunakan ukuran lebar 60 cm untuk kamar mandinya. Meskipun memiliki lebar daun pintu yang lebih kecil, namun ukuran kusen pintu kamar mandi memiliki lebar yang sama dengan ukuran kusen pada pintu rumah, yaitu 6 cm pada tiap sisinya.  Standar Ukuran Pintu Rumah Minimalis Selanjutnya yaitu ukuran pintu rumah minimalis. Sekedar informasi, rumah minimalis bukan berarti rumah yang berukuran mini atau kecil. Rumah minimalis diartikan sebagai rumah dengan tata ruang yang sederhana dan efisien sesuai fungsinya.  Maka dari itu, ukuran standar pintu rumah minimalis juga memiliki ukuran yang sama dengan ukuran standar pintu rumah depan, yaitu 90 cm x 210 cm. Begitupula dengan ukuran standar pintu rumah pada lebar kusennya, yaitu 6 cm pada tiap sisinya.  Pintu rumah minimalis umumnya terdiri dari 1 daun pintu atau 2 daun pintu. Namun, jika ingin digunakan untuk pintu dalam rumah, maka terdapat banyak pilihan model pintu minimalis lainnya seperti pintu geser, pintu dorong, dan beberapa model lainnya.   Standar Ukuran Pintu Rumah Mewah Standar ukuran pintu rumah mewah cukup berbeda dari standar ukuran pintu rumah yang lain. Rumah mewah memiliki bangunan yang umumnya berukuran besar. Hal tersebut tentunya juga mempengaruhi ukuran pintu yang juga lebih besar dibandingkan pintu rumah biasa.  Tujuannya adalah agar bangunan rumah memiliki kontruksi yang proporsional. Biasanya, ukuran pintu rumah mewah dapat memiliki tinggi dan lebar berkisar 250 cm x 160 cm. Ukuran tersebut bukan merupakan ukuran baku dari pintu rumah mewah. Pemilik rumah mewah cenderung memilih kustom ukuran pintu untuk rumahnya. Mereka dapat menggunakan pintu rumah dengan berbagai macam ukuran.  Maka dari itu, ukuran standar pintu rumah mewah cenderung bersifat tidak sama pada berbagai rumah mewah. Tentunya, ini menjadi perbedaan yang cukup jauh dengan ukuran standar pintu rumah pada umumnya.  Hal yang sama juga berlaku pada ukuran standar pintu rumah mewah untuk bagian kusennya. Kusen pintu rumah mewah juga didesain secara kustom sesuai dengan ukuran daun pintu yang dipilih oleh pemiliknya.  Penutup Berdasarkan standar ukuran pada 6 jenis pintu tersebut, dapat diketahui bahwa ukuran standar pintu rumah ideal bergantung pada dua elemen utama pintu, yakni daun dan kusen pintu.  Ukuran daun pintu ideal memiliki tinggi rata-rata 210 cm dan lebar bervariasi, bergantung pada jenis pintu. Sementara itu, ukuran lebar kusen pintu yang paling umum digunakan yaitu 6 cm. Berikut ulasan kami tentang ukuran standar pintu rumah pada berbagai jenis pintu. Kunjungi halaman Produk Citra Kayon untuk menemukan tipe kayu terbaik untuk kebutuhan pintu maupun furnitur-furnitur lainnya. Anda juga bisa menemukan informasi menarik lainnya seputar rumah dengan mengunjungi halaman Berita di sini.   

Apa itu Engineering Door: Definisi, Jenis, hingga Kelebihannya
Apa itu Engineering Door: Definisi, Jenis, hingga Kelebihannya

Tahukah Anda bahwa terdapat ukuran standar pintu rumah yang berbeda pada tiap jenis pintu?  Jika Anda ingin membuat pintu rumah, penting untuk melakukan perhitungan ukuran standar sesuai dengan jenis pintu yang akan Anda buat. Pasalnya, ukuran tersebut sangat berpengaruh terhadap fungsi utama dari pintu tersebut. Jika salah ukuran, bisa jadi pintu yang Anda buat tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui dan memahami ukuran standar pintu untuk membuat pintu rumah yang ideal. Perhitungan ukuran standar pintu rumah dilakukan berdasarkan lebar dan tinggi dari orang-orang yang melalui pintu tersebut. Ini berarti selain anggota keluarga sebagai penghuni rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan tinggi dari tamu yang akan berkunjung ke rumah.  Jika Anda tinggal di Indonesia, maka tentunya sebagian besar tamu yang akan berkunjung adalah orang Indonesia yang memiliki tinggi rata-rata berkisar 160 - 180 cm. Artinya, Anda harus membuat pintu rumah yang memiliki ketinggian lebih dari 180 cm. Hal yang terdengar sederhana seperti ini justru menjadi poin penting yang harus dipahami dalam membuat konstruksi rumah.  Indonesia memiliki beberapa ukuran standar pintu rumah yang berbeda tergantung dari fungsi dan jumlah pintu sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Fungsi pintu yang dimaksud yaitu peletakan pintu dalam suatu ruangan, misalnya terdapat pintu rumah depan, pintu kamar, pintu kamar mandi, pintu rumah minimalis, hingga pintu rumah mewah.  Semua jenis pintu tersebut memiliki dua komponen yaitu daun pintu dan kusen pintu. Daun pintu merupakan bagian pintu yang bisa dibuka tutup, sementara kusen pintu merupakan bingkai dari daun pintu. Kedua komponen tersebut juga memiliki ukuran standar tertentu yang bergantung pada jenis pintu.  Agar lebih mudah memahami ukuran standar pintu rumah tersebut, berikut kami sajikan rinciannya untuk Anda! Standar Ukuran Pintu Rumah Depan Untuk pintu rumah utama atau pintu depan, andalan masyarakat Indonesia yaitu menggunakan pintu utama 1 daun. Berdasarkan SNI, ukuran standar pintu rumah depan yaitu memiliki daun pintu berukuran lebar dan tinggi berkisar (80, 90,120) cm x (200, 210, 240) cm. Namun, masyarakat Indonesia umumnya menggunakan ukuran standar pintu rumah depan yaitu 90 cm x 210 cm. Perlu Anda ketahui bahwa ukuran lebar pintu tidak dianjurkan di bawah 80 cm. Hal tersebut dikhawatirkan akan menghambat proses memasukkan barang yang berukuran besar melalui pintu rumah depan. Alasan yang sama juga berlaku untuk tinggi pintu rumah yang tidak dianjurkan di bawah 200 cm.  Sementara itu, kusen pintu rumah depan memiliki lebar dan tebal berkisar 60 x (10, 12, 13, 15); 8 x (10, 12, 15) dan 10 x (12, 15) dalam satuan cm. Namun, ukuran lebar paling ideal untuk kusen pintu rumah depan yaitu 6 cm, sedangkan ketebalannya dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah. Standar Ukuran Pintu Rumah 2 Pintu Pintu rumah 2 pintu memberikan kesan elegan dan luas pada rumah. Makanya, tidak sedikit pula rumah di Indonesia yang menggunakan pintu rumah 2 pintu. Selain visualnya yang terlihat luas, pintu rumah 2 pintu berfungsi untuk lebih memudahkan orang-orang atau barang untuk keluar masuk rumah.  Ukuran standar pintu rumah 2 pintu berdasarkan SNI yaitu memiliki lebar dan tinggi berkisar (120, 150) cm x (200, 210, 240) cm untuk daun pintu. Namun, masyarakat lebih menyukai ukuran ideal untuk pintu rumah 2 pintu yaitu 120 cm x 210 cm. Kusen pintu rumah 2 pintu memiliki ukuran lebar dan ketebalan yang sama dengan ukuran standar pintu rumah depan, yaitu 6 cm pada tiap sisinya. Standar Ukuran Pintu Kamar Pintu kamar tidur merupakan bagian terpenting dalam rumah. Kamar menjadi ruangan pribadi yang memiliki tingkat privasi tertinggi dari orang luar. Maka dari itu, pintu kamar harus ada di setiap rumah. Ukuran standarnya pun bergantung pada pemilik kamar tersebut.  Biasanya, ukuran pintu kamar memiliki tinggi yang lebih rendah dibandingkan ukuran pintu depan rumah. Lebar dan tingginya pintu kamar tidur yaitu 80 cm x 200 cm. Sementara itu, lebar minimal pintu kamar yaitu 75 cm, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan ukuran minimal pintu rumah. Hal tersebut dikarenakan mobilitas keluar masuk barang besar melalui pintu kamar tidak setinggi pintu rumah.  Meskipun demikian, ukuran standar pintu kamar tetap diperlukan untuk cukup lebar agar dapat dilalui barang furnitur kamar yang berukuran besar seperti kasur dan lemari.  Pintu kamar tidur juga bisa lebih tinggi dari ukuran standar apabila pemilik rumah memiliki tubuh yang tinggi. Perhitungan tinggi pintu yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan menambah sekitar 40 cm dari tinggi orang yang melalui pintu tersebut. Untuk kusen pintu kamar, ukuran standarnya berkisar 1 - 1,5 cm. Ukuran tersebut berukuran 4x lebih kecil dibandingkan kusen pintu rumah.  Standar Ukuran Pintu Kamar Mandi Berbanding terbalik dengan ukuran standar pintu rumah yang harus memiliki ukuran cukup lebar, pintu kamar mandi justru memiliki ukuran standar lebar dan tinggi yang cukup rendah, yaitu 70 cm x 180 cm.  Perbedaan ukuran standar tersebut dikarenakan pintu kamar mandi bukan merupakan pintu akses untuk keluar masuk barang perabotan. Ukuran standar pintu kamar mandi didesain untuk dapat dilalui oleh satu orang, sehingga diperlukan ukuran yang tidak terlalu lebar ataupun terlalu sempit.  Selain itu, perlengkapan kamar mandi yang berukuran besar seperti bath up juga sudah diletakkan di dalam kamar mandi sebelum dipasang pintu. Maka dari itu, ukuran pintu kamar mandi menjadi yang paling kecil dibandingkan dengan pintu lainnya. Bahkan, terdapat rumah yang menggunakan ukuran lebar 60 cm untuk kamar mandinya. Meskipun memiliki lebar daun pintu yang lebih kecil, namun ukuran kusen pintu kamar mandi memiliki lebar yang sama dengan ukuran kusen pada pintu rumah, yaitu 6 cm pada tiap sisinya.  Standar Ukuran Pintu Rumah Minimalis Selanjutnya yaitu ukuran pintu rumah minimalis. Sekedar informasi, rumah minimalis bukan berarti rumah yang berukuran mini atau kecil. Rumah minimalis diartikan sebagai rumah dengan tata ruang yang sederhana dan efisien sesuai fungsinya.  Maka dari itu, ukuran standar pintu rumah minimalis juga memiliki ukuran yang sama dengan ukuran standar pintu rumah depan, yaitu 90 cm x 210 cm. Begitupula dengan ukuran standar pintu rumah pada lebar kusennya, yaitu 6 cm pada tiap sisinya.  Pintu rumah minimalis umumnya terdiri dari 1 daun pintu atau 2 daun pintu. Namun, jika ingin digunakan untuk pintu dalam rumah, maka terdapat banyak pilihan model pintu minimalis lainnya seperti pintu geser, pintu dorong, dan beberapa model lainnya.   Standar Ukuran Pintu Rumah Mewah Standar ukuran pintu rumah mewah cukup berbeda dari standar ukuran pintu rumah yang lain. Rumah mewah memiliki bangunan yang umumnya berukuran besar. Hal tersebut tentunya juga mempengaruhi ukuran pintu yang juga lebih besar dibandingkan pintu rumah biasa.  Tujuannya adalah agar bangunan rumah memiliki kontruksi yang proporsional. Biasanya, ukuran pintu rumah mewah dapat memiliki tinggi dan lebar berkisar 250 cm x 160 cm. Ukuran tersebut bukan merupakan ukuran baku dari pintu rumah mewah. Pemilik rumah mewah cenderung memilih kustom ukuran pintu untuk rumahnya. Mereka dapat menggunakan pintu rumah dengan berbagai macam ukuran.  Maka dari itu, ukuran standar pintu rumah mewah cenderung bersifat tidak sama pada berbagai rumah mewah. Tentunya, ini menjadi perbedaan yang cukup jauh dengan ukuran standar pintu rumah pada umumnya.  Hal yang sama juga berlaku pada ukuran standar pintu rumah mewah untuk bagian kusennya. Kusen pintu rumah mewah juga didesain secara kustom sesuai dengan ukuran daun pintu yang dipilih oleh pemiliknya.  Penutup Berdasarkan standar ukuran pada 6 jenis pintu tersebut, dapat diketahui bahwa ukuran standar pintu rumah ideal bergantung pada dua elemen utama pintu, yakni daun dan kusen pintu.  Ukuran daun pintu ideal memiliki tinggi rata-rata 210 cm dan lebar bervariasi, bergantung pada jenis pintu. Sementara itu, ukuran lebar kusen pintu yang paling umum digunakan yaitu 6 cm. Berikut ulasan kami tentang ukuran standar pintu rumah pada berbagai jenis pintu. Kunjungi halaman Produk Citra Kayon untuk menemukan tipe kayu terbaik untuk kebutuhan pintu maupun furnitur-furnitur lainnya. Anda juga bisa menemukan informasi menarik lainnya seputar rumah dengan mengunjungi halaman Berita di sini.   

5 Jenis Kayu Untuk Furniture, dari Jati sampai Trembesi!
5 Jenis Kayu Untuk Furniture, dari Jati sampai Trembesi!

Tahukah Anda bahwa terdapat ukuran standar pintu rumah yang berbeda pada tiap jenis pintu?  Jika Anda ingin membuat pintu rumah, penting untuk melakukan perhitungan ukuran standar sesuai dengan jenis pintu yang akan Anda buat. Pasalnya, ukuran tersebut sangat berpengaruh terhadap fungsi utama dari pintu tersebut. Jika salah ukuran, bisa jadi pintu yang Anda buat tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui dan memahami ukuran standar pintu untuk membuat pintu rumah yang ideal. Perhitungan ukuran standar pintu rumah dilakukan berdasarkan lebar dan tinggi dari orang-orang yang melalui pintu tersebut. Ini berarti selain anggota keluarga sebagai penghuni rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan tinggi dari tamu yang akan berkunjung ke rumah.  Jika Anda tinggal di Indonesia, maka tentunya sebagian besar tamu yang akan berkunjung adalah orang Indonesia yang memiliki tinggi rata-rata berkisar 160 - 180 cm. Artinya, Anda harus membuat pintu rumah yang memiliki ketinggian lebih dari 180 cm. Hal yang terdengar sederhana seperti ini justru menjadi poin penting yang harus dipahami dalam membuat konstruksi rumah.  Indonesia memiliki beberapa ukuran standar pintu rumah yang berbeda tergantung dari fungsi dan jumlah pintu sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Fungsi pintu yang dimaksud yaitu peletakan pintu dalam suatu ruangan, misalnya terdapat pintu rumah depan, pintu kamar, pintu kamar mandi, pintu rumah minimalis, hingga pintu rumah mewah.  Semua jenis pintu tersebut memiliki dua komponen yaitu daun pintu dan kusen pintu. Daun pintu merupakan bagian pintu yang bisa dibuka tutup, sementara kusen pintu merupakan bingkai dari daun pintu. Kedua komponen tersebut juga memiliki ukuran standar tertentu yang bergantung pada jenis pintu.  Agar lebih mudah memahami ukuran standar pintu rumah tersebut, berikut kami sajikan rinciannya untuk Anda! Standar Ukuran Pintu Rumah Depan Untuk pintu rumah utama atau pintu depan, andalan masyarakat Indonesia yaitu menggunakan pintu utama 1 daun. Berdasarkan SNI, ukuran standar pintu rumah depan yaitu memiliki daun pintu berukuran lebar dan tinggi berkisar (80, 90,120) cm x (200, 210, 240) cm. Namun, masyarakat Indonesia umumnya menggunakan ukuran standar pintu rumah depan yaitu 90 cm x 210 cm. Perlu Anda ketahui bahwa ukuran lebar pintu tidak dianjurkan di bawah 80 cm. Hal tersebut dikhawatirkan akan menghambat proses memasukkan barang yang berukuran besar melalui pintu rumah depan. Alasan yang sama juga berlaku untuk tinggi pintu rumah yang tidak dianjurkan di bawah 200 cm.  Sementara itu, kusen pintu rumah depan memiliki lebar dan tebal berkisar 60 x (10, 12, 13, 15); 8 x (10, 12, 15) dan 10 x (12, 15) dalam satuan cm. Namun, ukuran lebar paling ideal untuk kusen pintu rumah depan yaitu 6 cm, sedangkan ketebalannya dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah. Standar Ukuran Pintu Rumah 2 Pintu Pintu rumah 2 pintu memberikan kesan elegan dan luas pada rumah. Makanya, tidak sedikit pula rumah di Indonesia yang menggunakan pintu rumah 2 pintu. Selain visualnya yang terlihat luas, pintu rumah 2 pintu berfungsi untuk lebih memudahkan orang-orang atau barang untuk keluar masuk rumah.  Ukuran standar pintu rumah 2 pintu berdasarkan SNI yaitu memiliki lebar dan tinggi berkisar (120, 150) cm x (200, 210, 240) cm untuk daun pintu. Namun, masyarakat lebih menyukai ukuran ideal untuk pintu rumah 2 pintu yaitu 120 cm x 210 cm. Kusen pintu rumah 2 pintu memiliki ukuran lebar dan ketebalan yang sama dengan ukuran standar pintu rumah depan, yaitu 6 cm pada tiap sisinya. Standar Ukuran Pintu Kamar Pintu kamar tidur merupakan bagian terpenting dalam rumah. Kamar menjadi ruangan pribadi yang memiliki tingkat privasi tertinggi dari orang luar. Maka dari itu, pintu kamar harus ada di setiap rumah. Ukuran standarnya pun bergantung pada pemilik kamar tersebut.  Biasanya, ukuran pintu kamar memiliki tinggi yang lebih rendah dibandingkan ukuran pintu depan rumah. Lebar dan tingginya pintu kamar tidur yaitu 80 cm x 200 cm. Sementara itu, lebar minimal pintu kamar yaitu 75 cm, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan ukuran minimal pintu rumah. Hal tersebut dikarenakan mobilitas keluar masuk barang besar melalui pintu kamar tidak setinggi pintu rumah.  Meskipun demikian, ukuran standar pintu kamar tetap diperlukan untuk cukup lebar agar dapat dilalui barang furnitur kamar yang berukuran besar seperti kasur dan lemari.  Pintu kamar tidur juga bisa lebih tinggi dari ukuran standar apabila pemilik rumah memiliki tubuh yang tinggi. Perhitungan tinggi pintu yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan menambah sekitar 40 cm dari tinggi orang yang melalui pintu tersebut. Untuk kusen pintu kamar, ukuran standarnya berkisar 1 - 1,5 cm. Ukuran tersebut berukuran 4x lebih kecil dibandingkan kusen pintu rumah.  Standar Ukuran Pintu Kamar Mandi Berbanding terbalik dengan ukuran standar pintu rumah yang harus memiliki ukuran cukup lebar, pintu kamar mandi justru memiliki ukuran standar lebar dan tinggi yang cukup rendah, yaitu 70 cm x 180 cm.  Perbedaan ukuran standar tersebut dikarenakan pintu kamar mandi bukan merupakan pintu akses untuk keluar masuk barang perabotan. Ukuran standar pintu kamar mandi didesain untuk dapat dilalui oleh satu orang, sehingga diperlukan ukuran yang tidak terlalu lebar ataupun terlalu sempit.  Selain itu, perlengkapan kamar mandi yang berukuran besar seperti bath up juga sudah diletakkan di dalam kamar mandi sebelum dipasang pintu. Maka dari itu, ukuran pintu kamar mandi menjadi yang paling kecil dibandingkan dengan pintu lainnya. Bahkan, terdapat rumah yang menggunakan ukuran lebar 60 cm untuk kamar mandinya. Meskipun memiliki lebar daun pintu yang lebih kecil, namun ukuran kusen pintu kamar mandi memiliki lebar yang sama dengan ukuran kusen pada pintu rumah, yaitu 6 cm pada tiap sisinya.  Standar Ukuran Pintu Rumah Minimalis Selanjutnya yaitu ukuran pintu rumah minimalis. Sekedar informasi, rumah minimalis bukan berarti rumah yang berukuran mini atau kecil. Rumah minimalis diartikan sebagai rumah dengan tata ruang yang sederhana dan efisien sesuai fungsinya.  Maka dari itu, ukuran standar pintu rumah minimalis juga memiliki ukuran yang sama dengan ukuran standar pintu rumah depan, yaitu 90 cm x 210 cm. Begitupula dengan ukuran standar pintu rumah pada lebar kusennya, yaitu 6 cm pada tiap sisinya.  Pintu rumah minimalis umumnya terdiri dari 1 daun pintu atau 2 daun pintu. Namun, jika ingin digunakan untuk pintu dalam rumah, maka terdapat banyak pilihan model pintu minimalis lainnya seperti pintu geser, pintu dorong, dan beberapa model lainnya.   Standar Ukuran Pintu Rumah Mewah Standar ukuran pintu rumah mewah cukup berbeda dari standar ukuran pintu rumah yang lain. Rumah mewah memiliki bangunan yang umumnya berukuran besar. Hal tersebut tentunya juga mempengaruhi ukuran pintu yang juga lebih besar dibandingkan pintu rumah biasa.  Tujuannya adalah agar bangunan rumah memiliki kontruksi yang proporsional. Biasanya, ukuran pintu rumah mewah dapat memiliki tinggi dan lebar berkisar 250 cm x 160 cm. Ukuran tersebut bukan merupakan ukuran baku dari pintu rumah mewah. Pemilik rumah mewah cenderung memilih kustom ukuran pintu untuk rumahnya. Mereka dapat menggunakan pintu rumah dengan berbagai macam ukuran.  Maka dari itu, ukuran standar pintu rumah mewah cenderung bersifat tidak sama pada berbagai rumah mewah. Tentunya, ini menjadi perbedaan yang cukup jauh dengan ukuran standar pintu rumah pada umumnya.  Hal yang sama juga berlaku pada ukuran standar pintu rumah mewah untuk bagian kusennya. Kusen pintu rumah mewah juga didesain secara kustom sesuai dengan ukuran daun pintu yang dipilih oleh pemiliknya.  Penutup Berdasarkan standar ukuran pada 6 jenis pintu tersebut, dapat diketahui bahwa ukuran standar pintu rumah ideal bergantung pada dua elemen utama pintu, yakni daun dan kusen pintu.  Ukuran daun pintu ideal memiliki tinggi rata-rata 210 cm dan lebar bervariasi, bergantung pada jenis pintu. Sementara itu, ukuran lebar kusen pintu yang paling umum digunakan yaitu 6 cm. Berikut ulasan kami tentang ukuran standar pintu rumah pada berbagai jenis pintu. Kunjungi halaman Produk Citra Kayon untuk menemukan tipe kayu terbaik untuk kebutuhan pintu maupun furnitur-furnitur lainnya. Anda juga bisa menemukan informasi menarik lainnya seputar rumah dengan mengunjungi halaman Berita di sini.