Diunggah pada 29 Juni 2023

7 Cara Perbaiki Pintu yang Turun, Atasi Pintu Berderit

Oleh Admin Citra kayon

7 Cara Perbaiki Pintu yang Turun, Atasi Pintu Berderit

Apakah Anda sedang mencari cara perbaiki pintu yang turun? Jika iya, maka artikel ini bisa membantu Anda.

Tak dipungkiri jika pintu merupakan salah satu elemen paling penting untuk setiap rumah. Namun, pintu yang turun bisa menjadi masalah yang mengganggu rumah Anda. Selain membuat suara berderit yang tidak nyaman, pintu yang turun juga dapat mengganggu fungsi pintu itu sendiri. 

Jika pintu rumah Anda terlanjur turun, tak perlu khawatir! Ada berbagai cara mengatasi pintu rumah seret atau turun dengan beberapa langkah sederhana dari Citra Kayon yang bisa Anda lakukan sendiri. 

Namun, sebelum melangkah lebih jauh terkait cara perbaiki pintu yang turun, tahukah Anda apa penyebab masalah pintu rumah turun? Mari kita simak terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

3 Penyebab Pintu Rumah Turun

Pintu yang turun dapat disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya yaitu:

1. Pemuaian dan penyusutan pintu

Pemuaian atau penyusutan dapat terjadi pada pintu yang terbuat dari kayu. Perubahan iklim seperti suhu dan kelembapan dapat mengubah dimensi pada kayu.

Ketika kelembapan meningkat, serat-serat kayu menyerap air dan bertambah besar. Hal inilah yang menyebabkan dimensi pintu kayu membesar sehingga pintu menjadi tidak sejajar dengan bingkainya. 

Selain itu, penyusutan juga dapat terjadi ketika kayu kehilangan kelembapan, yang dapat mempengaruhi tingkat kekeringan sekaligus mengurangi dimensi pintu kayu. Ini pun dapat membuat pintu terlihat longgar atau pun membesar daripada bingkainya. 

Maka, dapat dikatakan bahwa penyusutan dan pemuaian dapat menyebabkan pintu kayu yang tadinya lancar dan mudah untuk dibuka dan ditutup, menjadi sulit berfungsi akibat perubahan dimensi pintu kayu.

2. Penyesuaian engsel yang buruk

Engsel yang tidak kuat atau tidak sesuai dengan ukuran dan berat pintu dapat menyebabkan pintu turun secara perlahan-lahan. 

Jika engsel tidak mampu menahan beban pintu dengan baik akibat tekanan yang berlebih, maka seiring waktu hal tersebut dapat menyebabkan pintu turun. Tentunya, hal ini dapat membuat Anda kesulitan untuk membuka atau menutup pintu.

3. Pergerakan tanah

Pergerakan tanah merupakan faktor yang juga bisa menyebabkan pintu turun.

Ketika terjadi pergerakan tanah yang signifikan, seperti akibat gempa bumi, pondasi rumah dapat mengalami pergeseran atau kerusakan. Ini dapat mengakibatkan ketidaksejajaran antara bingkai pintu dan fondasinya.

Jika pondasi mengalami pergeseran horizontal atau vertikal, pintu dapat terdorong atau terjepit yang mengakibatkan pintu turun dan sulit dibuka atau ditutup.

Baca Juga: 5 Cara Meluruskan Pintu Kayu yang Melengkung

7 Langkah Memperbaiki Pintu Rumah yang Turun

Langkah-langkah perbaiki pintu yang turun yang mudah

Setelah mengetahui informasi penyebab dari turunnya posisi pintu. Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut ini adalah tujuh cara perbaiki pintu yang turun:

1. Periksa kelembapan pintu kayu

Kelembapan menjadi salah satu faktor penyebab pintu kayu turun terutama pada saat musim hujan.

Maka dari itu, langkah pertama dalam cara perbaiki pintu yang turun adalah memastikan pintu kayu Anda dalam kondisi kering dan tidak lembap agar penurunan pintu kayu Anda tidak semakin parah. 

Cara mengetahui pintu kayu yang lembap dapat dilakukan dengan memperhatikan perubahan kayu seperti adanya retakan pada pintu.

2. Meningkatkan sirkulasi rumah

Jika Anda menemukan pintu kayu Anda lembap, maka langkah tepat yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan sirkulasi rumah Anda.  

Cara perbaiki pintu yang turun satu ini adalah dengan menyalakan saluran ventilasi udara pada ruangan yang lembap seperti kamar mandi dan dapur. Pastikan saluran ventilasi yang Anda gunakan dapat mengeluarkan kelembapan ke luar rumah dengan benar dan mengurangi uap yang terkumpul di udara.

3. Jemur daun pintu 

Cara perbaiki pintu yang turun selanjutnya adalah menjemur daun pintu. 

Langkah ini dapat Anda lakukan jika pintu sudah memiliki kelembapan yang tinggi untuk mempercepat proses pengeringan pintu. 

Anda dapat melepas pintu kayu dari bingkainya. Kemudian, jemur daun pintu di bawah sinar matahari. Pastikan seluruh bagian pintu terkena sinar matahari secara menyeluruh. 

Proses penjemuran kayu dapat mengembalikan ukuran pintu kayu kembali mengembang karena kelembapan yang tinggi.

Baca Juga: 7 Keunggulan Kayu Jati, Kayu Pilihan Untuk Furniture Rumah

4. Serut pintu kayu

Jika pintu kayu tidak mengalami perubahan ukuran setelah dijemur, Anda bisa melakukan langkah cara perbaiki pintu yang turun berikutnya, yaitu memperkecil pintu kayu dengan cara menyerut bagian sisi-sisinya.  

Pertama, Anda perlu menandai bagian pintu yang akan diserut dengan pensil dan penggaris. Lakukan hal tersebut pada kedua sisi daun pintu agar pintu tetap memiliki ukuran yang sejajar.

Setelah itu, amplas sisi kayu yang telah diserut untuk memperhalus pintu kayu. Anda juga bisa mengecat pintu kayu untuk membuat pintu memiliki tampilan baru.

5. Pasang pintu kayu

Pemasangan pintu kayu juga perlu Anda perhatikan sebagai langkah cara perbaiki pintu yang turun.

Pastikan pintu dipasang pada poros yang tepat, lalu buat pintu menggantung pada posisi yang presisi. Anda dapat mengatur poros dengan memperhatikan jarak pintu dengan lantai dan sisi bingkai. Kemudian, kencangkan semua sekrup pada pintu untuk perbaiki pintu yang turun.

6. Berikan pelumas pada engsel

Selain permasalahan pada daun pintu yang membuat suara berderit, engsel yang rusak juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Engsel yang aus atau berkarat dapat menimbulkan suara bunyi berderit pada saat pintu akan dibuka tutup. 

Cara menghilangkan bunyi pintu rumah tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pelumas khusus engsel. Anda juga dapat menggunakan bahan sederhana di rumah seperti minyak kelapa.

7. Mengganti engsel

Mengganti engsel untuk perbaiki pintu kayu berderit

Jika suara berderit masih terdengar setelah Anda memberikan pelumas, maka Anda sebaiknya mengganti engsel tersebut. 

Pastikan engsel pintu yang baru memiliki ukuran yang seimbang dengan daun pintu. Kemudian, pastikan pula jika baut-bautnya terpasang dengan kencang. 

Baca Juga: Mengenal Solid Engineering Door: Pengertian, Bagian, hingga Kelebihannya

3 Perawatan untuk Mencegah Pintu Rumah Turun

Perawatan untuk Mencegah Pintu Rumah Turun

Perawatan pintu kayu merupakan cara paling ampuh untuk Anda bisa mencegah pintu rumah turun. Berikut ini kami sajikan tiga tips untuk merawat pintu kayu Anda:

1. Membersihkan debu

Perawatan dasar yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan debu pada pintu. Debu yang menempel dapat mempercepat proses penuaan pada kayu. Akibatnya, pintu kayu akan lebih mudah rusak. 

Cara membersihkan debu pada pintu kayu dapat dilakukan dengan menggunakan kain lembut 1-2 kali dalam sebulan. 

Selain debu yang terdapat pada pintu, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan pada bagian lintasan pintu. Bersihkan lintasan pintu dari debu, kerikil, hingga benda-benda yang bisa menghambat pintu pada saat akan dibuka atau ditutup.

2. Hindari aksesoris berlebihan pada pintu

Cara mencegah pintu kayu turun

Daun pintu yang memiliki beban terlalu berat dapat menyebabkan pintu menjadi turun dan berderit. Anda dapat menggunakan aksesoris pintu yang ringan untuk menghindari hal tersebut.

Hindari untuk menggantung benda dengan beban yang berat untuk mencegah pintu Anda turun.

3. Panggil ahli 

Jika pintu Anda tetap turun dan berderit setelah melakukan berbagai perawatan serta menerapkan berbagai cara perbaiki pintu yang turun, maka Anda dapat memanggil ahli untuk menganalisis penyebab pintu Anda turun.

Penutup

Nah, sekarang saatnya bagi Anda mengikuti setiap langkah dan cara perbaiki pintu yang turun berdasarkan informasi dari Citra Kayon. Semoga langkah-langkah tersebut bisa membantu Anda untuk mengembalikan tampilan cantik pintu kayu rumah Anda. 

Jika Anda sedang mencari pintu kayu dengan berbagai desain modern nan estetik, untuk rumah Anda, Citra Kayon memiliki beragam pintu dengan desain yang cocok untuk rumah modern klasik Anda. Lihatlah Produk Kami sekarang dan temukan pintu kayu dengan desain yang Anda butuhkan!

Artikel Terkait
Ukuran Kusen Pintu: Ketahui Standar untuk Pintu dan Jendela!
Ukuran Kusen Pintu: Ketahui Standar untuk Pintu dan Jendela!

Apakah Anda sedang mencari cara perbaiki pintu yang turun? Jika iya, maka artikel ini bisa membantu Anda. Tak dipungkiri jika pintu merupakan salah satu elemen paling penting untuk setiap rumah. Namun, pintu yang turun bisa menjadi masalah yang mengganggu rumah Anda. Selain membuat suara berderit yang tidak nyaman, pintu yang turun juga dapat mengganggu fungsi pintu itu sendiri.  Jika pintu rumah Anda terlanjur turun, tak perlu khawatir! Ada berbagai cara mengatasi pintu rumah seret atau turun dengan beberapa langkah sederhana dari Citra Kayon yang bisa Anda lakukan sendiri.  Namun, sebelum melangkah lebih jauh terkait cara perbaiki pintu yang turun, tahukah Anda apa penyebab masalah pintu rumah turun? Mari kita simak terlebih dahulu apa saja penyebabnya. 3 Penyebab Pintu Rumah Turun Pintu yang turun dapat disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya yaitu: 1. Pemuaian dan penyusutan pintu Pemuaian atau penyusutan dapat terjadi pada pintu yang terbuat dari kayu. Perubahan iklim seperti suhu dan kelembapan dapat mengubah dimensi pada kayu. Ketika kelembapan meningkat, serat-serat kayu menyerap air dan bertambah besar. Hal inilah yang menyebabkan dimensi pintu kayu membesar sehingga pintu menjadi tidak sejajar dengan bingkainya.  Selain itu, penyusutan juga dapat terjadi ketika kayu kehilangan kelembapan, yang dapat mempengaruhi tingkat kekeringan sekaligus mengurangi dimensi pintu kayu. Ini pun dapat membuat pintu terlihat longgar atau pun membesar daripada bingkainya.  Maka, dapat dikatakan bahwa penyusutan dan pemuaian dapat menyebabkan pintu kayu yang tadinya lancar dan mudah untuk dibuka dan ditutup, menjadi sulit berfungsi akibat perubahan dimensi pintu kayu. 2. Penyesuaian engsel yang buruk Engsel yang tidak kuat atau tidak sesuai dengan ukuran dan berat pintu dapat menyebabkan pintu turun secara perlahan-lahan.  Jika engsel tidak mampu menahan beban pintu dengan baik akibat tekanan yang berlebih, maka seiring waktu hal tersebut dapat menyebabkan pintu turun. Tentunya, hal ini dapat membuat Anda kesulitan untuk membuka atau menutup pintu. 3. Pergerakan tanah Pergerakan tanah merupakan faktor yang juga bisa menyebabkan pintu turun. Ketika terjadi pergerakan tanah yang signifikan, seperti akibat gempa bumi, pondasi rumah dapat mengalami pergeseran atau kerusakan. Ini dapat mengakibatkan ketidaksejajaran antara bingkai pintu dan fondasinya. Jika pondasi mengalami pergeseran horizontal atau vertikal, pintu dapat terdorong atau terjepit yang mengakibatkan pintu turun dan sulit dibuka atau ditutup. Baca Juga: 5 Cara Meluruskan Pintu Kayu yang Melengkung 7 Langkah Memperbaiki Pintu Rumah yang Turun Setelah mengetahui informasi penyebab dari turunnya posisi pintu. Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut ini adalah tujuh cara perbaiki pintu yang turun: 1. Periksa kelembapan pintu kayu Kelembapan menjadi salah satu faktor penyebab pintu kayu turun terutama pada saat musim hujan. Maka dari itu, langkah pertama dalam cara perbaiki pintu yang turun adalah memastikan pintu kayu Anda dalam kondisi kering dan tidak lembap agar penurunan pintu kayu Anda tidak semakin parah.  Cara mengetahui pintu kayu yang lembap dapat dilakukan dengan memperhatikan perubahan kayu seperti adanya retakan pada pintu. 2. Meningkatkan sirkulasi rumah Jika Anda menemukan pintu kayu Anda lembap, maka langkah tepat yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan sirkulasi rumah Anda.   Cara perbaiki pintu yang turun satu ini adalah dengan menyalakan saluran ventilasi udara pada ruangan yang lembap seperti kamar mandi dan dapur. Pastikan saluran ventilasi yang Anda gunakan dapat mengeluarkan kelembapan ke luar rumah dengan benar dan mengurangi uap yang terkumpul di udara. 3. Jemur daun pintu  Cara perbaiki pintu yang turun selanjutnya adalah menjemur daun pintu.  Langkah ini dapat Anda lakukan jika pintu sudah memiliki kelembapan yang tinggi untuk mempercepat proses pengeringan pintu.  Anda dapat melepas pintu kayu dari bingkainya. Kemudian, jemur daun pintu di bawah sinar matahari. Pastikan seluruh bagian pintu terkena sinar matahari secara menyeluruh.  Proses penjemuran kayu dapat mengembalikan ukuran pintu kayu kembali mengembang karena kelembapan yang tinggi. Baca Juga: 7 Keunggulan Kayu Jati, Kayu Pilihan Untuk Furniture Rumah 4. Serut pintu kayu Jika pintu kayu tidak mengalami perubahan ukuran setelah dijemur, Anda bisa melakukan langkah cara perbaiki pintu yang turun berikutnya, yaitu memperkecil pintu kayu dengan cara menyerut bagian sisi-sisinya.   Pertama, Anda perlu menandai bagian pintu yang akan diserut dengan pensil dan penggaris. Lakukan hal tersebut pada kedua sisi daun pintu agar pintu tetap memiliki ukuran yang sejajar. Setelah itu, amplas sisi kayu yang telah diserut untuk memperhalus pintu kayu. Anda juga bisa mengecat pintu kayu untuk membuat pintu memiliki tampilan baru. 5. Pasang pintu kayu Pemasangan pintu kayu juga perlu Anda perhatikan sebagai langkah cara perbaiki pintu yang turun. Pastikan pintu dipasang pada poros yang tepat, lalu buat pintu menggantung pada posisi yang presisi. Anda dapat mengatur poros dengan memperhatikan jarak pintu dengan lantai dan sisi bingkai. Kemudian, kencangkan semua sekrup pada pintu untuk perbaiki pintu yang turun. 6. Berikan pelumas pada engsel Selain permasalahan pada daun pintu yang membuat suara berderit, engsel yang rusak juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Engsel yang aus atau berkarat dapat menimbulkan suara bunyi berderit pada saat pintu akan dibuka tutup.  Cara menghilangkan bunyi pintu rumah tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pelumas khusus engsel. Anda juga dapat menggunakan bahan sederhana di rumah seperti minyak kelapa. 7. Mengganti engsel Jika suara berderit masih terdengar setelah Anda memberikan pelumas, maka Anda sebaiknya mengganti engsel tersebut.  Pastikan engsel pintu yang baru memiliki ukuran yang seimbang dengan daun pintu. Kemudian, pastikan pula jika baut-bautnya terpasang dengan kencang.  Baca Juga: Mengenal Solid Engineering Door: Pengertian, Bagian, hingga Kelebihannya 3 Perawatan untuk Mencegah Pintu Rumah Turun Perawatan pintu kayu merupakan cara paling ampuh untuk Anda bisa mencegah pintu rumah turun. Berikut ini kami sajikan tiga tips untuk merawat pintu kayu Anda: 1. Membersihkan debu Perawatan dasar yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan debu pada pintu. Debu yang menempel dapat mempercepat proses penuaan pada kayu. Akibatnya, pintu kayu akan lebih mudah rusak.  Cara membersihkan debu pada pintu kayu dapat dilakukan dengan menggunakan kain lembut 1-2 kali dalam sebulan.  Selain debu yang terdapat pada pintu, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan pada bagian lintasan pintu. Bersihkan lintasan pintu dari debu, kerikil, hingga benda-benda yang bisa menghambat pintu pada saat akan dibuka atau ditutup. 2. Hindari aksesoris berlebihan pada pintu Daun pintu yang memiliki beban terlalu berat dapat menyebabkan pintu menjadi turun dan berderit. Anda dapat menggunakan aksesoris pintu yang ringan untuk menghindari hal tersebut. Hindari untuk menggantung benda dengan beban yang berat untuk mencegah pintu Anda turun. 3. Panggil ahli  Jika pintu Anda tetap turun dan berderit setelah melakukan berbagai perawatan serta menerapkan berbagai cara perbaiki pintu yang turun, maka Anda dapat memanggil ahli untuk menganalisis penyebab pintu Anda turun. Penutup Nah, sekarang saatnya bagi Anda mengikuti setiap langkah dan cara perbaiki pintu yang turun berdasarkan informasi dari Citra Kayon. Semoga langkah-langkah tersebut bisa membantu Anda untuk mengembalikan tampilan cantik pintu kayu rumah Anda.  Jika Anda sedang mencari pintu kayu dengan berbagai desain modern nan estetik, untuk rumah Anda, Citra Kayon memiliki beragam pintu dengan desain yang cocok untuk rumah modern klasik Anda. Lihatlah Produk Kami sekarang dan temukan pintu kayu dengan desain yang Anda butuhkan!

Pintu Melengkung? Ini 5 Cara Jitu Meluruskannya Kembali!
Pintu Melengkung? Ini 5 Cara Jitu Meluruskannya Kembali!

Apakah Anda sedang mencari cara perbaiki pintu yang turun? Jika iya, maka artikel ini bisa membantu Anda. Tak dipungkiri jika pintu merupakan salah satu elemen paling penting untuk setiap rumah. Namun, pintu yang turun bisa menjadi masalah yang mengganggu rumah Anda. Selain membuat suara berderit yang tidak nyaman, pintu yang turun juga dapat mengganggu fungsi pintu itu sendiri.  Jika pintu rumah Anda terlanjur turun, tak perlu khawatir! Ada berbagai cara mengatasi pintu rumah seret atau turun dengan beberapa langkah sederhana dari Citra Kayon yang bisa Anda lakukan sendiri.  Namun, sebelum melangkah lebih jauh terkait cara perbaiki pintu yang turun, tahukah Anda apa penyebab masalah pintu rumah turun? Mari kita simak terlebih dahulu apa saja penyebabnya. 3 Penyebab Pintu Rumah Turun Pintu yang turun dapat disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya yaitu: 1. Pemuaian dan penyusutan pintu Pemuaian atau penyusutan dapat terjadi pada pintu yang terbuat dari kayu. Perubahan iklim seperti suhu dan kelembapan dapat mengubah dimensi pada kayu. Ketika kelembapan meningkat, serat-serat kayu menyerap air dan bertambah besar. Hal inilah yang menyebabkan dimensi pintu kayu membesar sehingga pintu menjadi tidak sejajar dengan bingkainya.  Selain itu, penyusutan juga dapat terjadi ketika kayu kehilangan kelembapan, yang dapat mempengaruhi tingkat kekeringan sekaligus mengurangi dimensi pintu kayu. Ini pun dapat membuat pintu terlihat longgar atau pun membesar daripada bingkainya.  Maka, dapat dikatakan bahwa penyusutan dan pemuaian dapat menyebabkan pintu kayu yang tadinya lancar dan mudah untuk dibuka dan ditutup, menjadi sulit berfungsi akibat perubahan dimensi pintu kayu. 2. Penyesuaian engsel yang buruk Engsel yang tidak kuat atau tidak sesuai dengan ukuran dan berat pintu dapat menyebabkan pintu turun secara perlahan-lahan.  Jika engsel tidak mampu menahan beban pintu dengan baik akibat tekanan yang berlebih, maka seiring waktu hal tersebut dapat menyebabkan pintu turun. Tentunya, hal ini dapat membuat Anda kesulitan untuk membuka atau menutup pintu. 3. Pergerakan tanah Pergerakan tanah merupakan faktor yang juga bisa menyebabkan pintu turun. Ketika terjadi pergerakan tanah yang signifikan, seperti akibat gempa bumi, pondasi rumah dapat mengalami pergeseran atau kerusakan. Ini dapat mengakibatkan ketidaksejajaran antara bingkai pintu dan fondasinya. Jika pondasi mengalami pergeseran horizontal atau vertikal, pintu dapat terdorong atau terjepit yang mengakibatkan pintu turun dan sulit dibuka atau ditutup. Baca Juga: 5 Cara Meluruskan Pintu Kayu yang Melengkung 7 Langkah Memperbaiki Pintu Rumah yang Turun Setelah mengetahui informasi penyebab dari turunnya posisi pintu. Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut ini adalah tujuh cara perbaiki pintu yang turun: 1. Periksa kelembapan pintu kayu Kelembapan menjadi salah satu faktor penyebab pintu kayu turun terutama pada saat musim hujan. Maka dari itu, langkah pertama dalam cara perbaiki pintu yang turun adalah memastikan pintu kayu Anda dalam kondisi kering dan tidak lembap agar penurunan pintu kayu Anda tidak semakin parah.  Cara mengetahui pintu kayu yang lembap dapat dilakukan dengan memperhatikan perubahan kayu seperti adanya retakan pada pintu. 2. Meningkatkan sirkulasi rumah Jika Anda menemukan pintu kayu Anda lembap, maka langkah tepat yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan sirkulasi rumah Anda.   Cara perbaiki pintu yang turun satu ini adalah dengan menyalakan saluran ventilasi udara pada ruangan yang lembap seperti kamar mandi dan dapur. Pastikan saluran ventilasi yang Anda gunakan dapat mengeluarkan kelembapan ke luar rumah dengan benar dan mengurangi uap yang terkumpul di udara. 3. Jemur daun pintu  Cara perbaiki pintu yang turun selanjutnya adalah menjemur daun pintu.  Langkah ini dapat Anda lakukan jika pintu sudah memiliki kelembapan yang tinggi untuk mempercepat proses pengeringan pintu.  Anda dapat melepas pintu kayu dari bingkainya. Kemudian, jemur daun pintu di bawah sinar matahari. Pastikan seluruh bagian pintu terkena sinar matahari secara menyeluruh.  Proses penjemuran kayu dapat mengembalikan ukuran pintu kayu kembali mengembang karena kelembapan yang tinggi. Baca Juga: 7 Keunggulan Kayu Jati, Kayu Pilihan Untuk Furniture Rumah 4. Serut pintu kayu Jika pintu kayu tidak mengalami perubahan ukuran setelah dijemur, Anda bisa melakukan langkah cara perbaiki pintu yang turun berikutnya, yaitu memperkecil pintu kayu dengan cara menyerut bagian sisi-sisinya.   Pertama, Anda perlu menandai bagian pintu yang akan diserut dengan pensil dan penggaris. Lakukan hal tersebut pada kedua sisi daun pintu agar pintu tetap memiliki ukuran yang sejajar. Setelah itu, amplas sisi kayu yang telah diserut untuk memperhalus pintu kayu. Anda juga bisa mengecat pintu kayu untuk membuat pintu memiliki tampilan baru. 5. Pasang pintu kayu Pemasangan pintu kayu juga perlu Anda perhatikan sebagai langkah cara perbaiki pintu yang turun. Pastikan pintu dipasang pada poros yang tepat, lalu buat pintu menggantung pada posisi yang presisi. Anda dapat mengatur poros dengan memperhatikan jarak pintu dengan lantai dan sisi bingkai. Kemudian, kencangkan semua sekrup pada pintu untuk perbaiki pintu yang turun. 6. Berikan pelumas pada engsel Selain permasalahan pada daun pintu yang membuat suara berderit, engsel yang rusak juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Engsel yang aus atau berkarat dapat menimbulkan suara bunyi berderit pada saat pintu akan dibuka tutup.  Cara menghilangkan bunyi pintu rumah tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pelumas khusus engsel. Anda juga dapat menggunakan bahan sederhana di rumah seperti minyak kelapa. 7. Mengganti engsel Jika suara berderit masih terdengar setelah Anda memberikan pelumas, maka Anda sebaiknya mengganti engsel tersebut.  Pastikan engsel pintu yang baru memiliki ukuran yang seimbang dengan daun pintu. Kemudian, pastikan pula jika baut-bautnya terpasang dengan kencang.  Baca Juga: Mengenal Solid Engineering Door: Pengertian, Bagian, hingga Kelebihannya 3 Perawatan untuk Mencegah Pintu Rumah Turun Perawatan pintu kayu merupakan cara paling ampuh untuk Anda bisa mencegah pintu rumah turun. Berikut ini kami sajikan tiga tips untuk merawat pintu kayu Anda: 1. Membersihkan debu Perawatan dasar yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan debu pada pintu. Debu yang menempel dapat mempercepat proses penuaan pada kayu. Akibatnya, pintu kayu akan lebih mudah rusak.  Cara membersihkan debu pada pintu kayu dapat dilakukan dengan menggunakan kain lembut 1-2 kali dalam sebulan.  Selain debu yang terdapat pada pintu, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan pada bagian lintasan pintu. Bersihkan lintasan pintu dari debu, kerikil, hingga benda-benda yang bisa menghambat pintu pada saat akan dibuka atau ditutup. 2. Hindari aksesoris berlebihan pada pintu Daun pintu yang memiliki beban terlalu berat dapat menyebabkan pintu menjadi turun dan berderit. Anda dapat menggunakan aksesoris pintu yang ringan untuk menghindari hal tersebut. Hindari untuk menggantung benda dengan beban yang berat untuk mencegah pintu Anda turun. 3. Panggil ahli  Jika pintu Anda tetap turun dan berderit setelah melakukan berbagai perawatan serta menerapkan berbagai cara perbaiki pintu yang turun, maka Anda dapat memanggil ahli untuk menganalisis penyebab pintu Anda turun. Penutup Nah, sekarang saatnya bagi Anda mengikuti setiap langkah dan cara perbaiki pintu yang turun berdasarkan informasi dari Citra Kayon. Semoga langkah-langkah tersebut bisa membantu Anda untuk mengembalikan tampilan cantik pintu kayu rumah Anda.  Jika Anda sedang mencari pintu kayu dengan berbagai desain modern nan estetik, untuk rumah Anda, Citra Kayon memiliki beragam pintu dengan desain yang cocok untuk rumah modern klasik Anda. Lihatlah Produk Kami sekarang dan temukan pintu kayu dengan desain yang Anda butuhkan!

10 Kelebihan Pintu Kayu, Berestetika Tinggi hingga Tahan Lama
10 Kelebihan Pintu Kayu, Berestetika Tinggi hingga Tahan Lama

Apakah Anda sedang mencari cara perbaiki pintu yang turun? Jika iya, maka artikel ini bisa membantu Anda. Tak dipungkiri jika pintu merupakan salah satu elemen paling penting untuk setiap rumah. Namun, pintu yang turun bisa menjadi masalah yang mengganggu rumah Anda. Selain membuat suara berderit yang tidak nyaman, pintu yang turun juga dapat mengganggu fungsi pintu itu sendiri.  Jika pintu rumah Anda terlanjur turun, tak perlu khawatir! Ada berbagai cara mengatasi pintu rumah seret atau turun dengan beberapa langkah sederhana dari Citra Kayon yang bisa Anda lakukan sendiri.  Namun, sebelum melangkah lebih jauh terkait cara perbaiki pintu yang turun, tahukah Anda apa penyebab masalah pintu rumah turun? Mari kita simak terlebih dahulu apa saja penyebabnya. 3 Penyebab Pintu Rumah Turun Pintu yang turun dapat disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya yaitu: 1. Pemuaian dan penyusutan pintu Pemuaian atau penyusutan dapat terjadi pada pintu yang terbuat dari kayu. Perubahan iklim seperti suhu dan kelembapan dapat mengubah dimensi pada kayu. Ketika kelembapan meningkat, serat-serat kayu menyerap air dan bertambah besar. Hal inilah yang menyebabkan dimensi pintu kayu membesar sehingga pintu menjadi tidak sejajar dengan bingkainya.  Selain itu, penyusutan juga dapat terjadi ketika kayu kehilangan kelembapan, yang dapat mempengaruhi tingkat kekeringan sekaligus mengurangi dimensi pintu kayu. Ini pun dapat membuat pintu terlihat longgar atau pun membesar daripada bingkainya.  Maka, dapat dikatakan bahwa penyusutan dan pemuaian dapat menyebabkan pintu kayu yang tadinya lancar dan mudah untuk dibuka dan ditutup, menjadi sulit berfungsi akibat perubahan dimensi pintu kayu. 2. Penyesuaian engsel yang buruk Engsel yang tidak kuat atau tidak sesuai dengan ukuran dan berat pintu dapat menyebabkan pintu turun secara perlahan-lahan.  Jika engsel tidak mampu menahan beban pintu dengan baik akibat tekanan yang berlebih, maka seiring waktu hal tersebut dapat menyebabkan pintu turun. Tentunya, hal ini dapat membuat Anda kesulitan untuk membuka atau menutup pintu. 3. Pergerakan tanah Pergerakan tanah merupakan faktor yang juga bisa menyebabkan pintu turun. Ketika terjadi pergerakan tanah yang signifikan, seperti akibat gempa bumi, pondasi rumah dapat mengalami pergeseran atau kerusakan. Ini dapat mengakibatkan ketidaksejajaran antara bingkai pintu dan fondasinya. Jika pondasi mengalami pergeseran horizontal atau vertikal, pintu dapat terdorong atau terjepit yang mengakibatkan pintu turun dan sulit dibuka atau ditutup. Baca Juga: 5 Cara Meluruskan Pintu Kayu yang Melengkung 7 Langkah Memperbaiki Pintu Rumah yang Turun Setelah mengetahui informasi penyebab dari turunnya posisi pintu. Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut ini adalah tujuh cara perbaiki pintu yang turun: 1. Periksa kelembapan pintu kayu Kelembapan menjadi salah satu faktor penyebab pintu kayu turun terutama pada saat musim hujan. Maka dari itu, langkah pertama dalam cara perbaiki pintu yang turun adalah memastikan pintu kayu Anda dalam kondisi kering dan tidak lembap agar penurunan pintu kayu Anda tidak semakin parah.  Cara mengetahui pintu kayu yang lembap dapat dilakukan dengan memperhatikan perubahan kayu seperti adanya retakan pada pintu. 2. Meningkatkan sirkulasi rumah Jika Anda menemukan pintu kayu Anda lembap, maka langkah tepat yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan sirkulasi rumah Anda.   Cara perbaiki pintu yang turun satu ini adalah dengan menyalakan saluran ventilasi udara pada ruangan yang lembap seperti kamar mandi dan dapur. Pastikan saluran ventilasi yang Anda gunakan dapat mengeluarkan kelembapan ke luar rumah dengan benar dan mengurangi uap yang terkumpul di udara. 3. Jemur daun pintu  Cara perbaiki pintu yang turun selanjutnya adalah menjemur daun pintu.  Langkah ini dapat Anda lakukan jika pintu sudah memiliki kelembapan yang tinggi untuk mempercepat proses pengeringan pintu.  Anda dapat melepas pintu kayu dari bingkainya. Kemudian, jemur daun pintu di bawah sinar matahari. Pastikan seluruh bagian pintu terkena sinar matahari secara menyeluruh.  Proses penjemuran kayu dapat mengembalikan ukuran pintu kayu kembali mengembang karena kelembapan yang tinggi. Baca Juga: 7 Keunggulan Kayu Jati, Kayu Pilihan Untuk Furniture Rumah 4. Serut pintu kayu Jika pintu kayu tidak mengalami perubahan ukuran setelah dijemur, Anda bisa melakukan langkah cara perbaiki pintu yang turun berikutnya, yaitu memperkecil pintu kayu dengan cara menyerut bagian sisi-sisinya.   Pertama, Anda perlu menandai bagian pintu yang akan diserut dengan pensil dan penggaris. Lakukan hal tersebut pada kedua sisi daun pintu agar pintu tetap memiliki ukuran yang sejajar. Setelah itu, amplas sisi kayu yang telah diserut untuk memperhalus pintu kayu. Anda juga bisa mengecat pintu kayu untuk membuat pintu memiliki tampilan baru. 5. Pasang pintu kayu Pemasangan pintu kayu juga perlu Anda perhatikan sebagai langkah cara perbaiki pintu yang turun. Pastikan pintu dipasang pada poros yang tepat, lalu buat pintu menggantung pada posisi yang presisi. Anda dapat mengatur poros dengan memperhatikan jarak pintu dengan lantai dan sisi bingkai. Kemudian, kencangkan semua sekrup pada pintu untuk perbaiki pintu yang turun. 6. Berikan pelumas pada engsel Selain permasalahan pada daun pintu yang membuat suara berderit, engsel yang rusak juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Engsel yang aus atau berkarat dapat menimbulkan suara bunyi berderit pada saat pintu akan dibuka tutup.  Cara menghilangkan bunyi pintu rumah tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pelumas khusus engsel. Anda juga dapat menggunakan bahan sederhana di rumah seperti minyak kelapa. 7. Mengganti engsel Jika suara berderit masih terdengar setelah Anda memberikan pelumas, maka Anda sebaiknya mengganti engsel tersebut.  Pastikan engsel pintu yang baru memiliki ukuran yang seimbang dengan daun pintu. Kemudian, pastikan pula jika baut-bautnya terpasang dengan kencang.  Baca Juga: Mengenal Solid Engineering Door: Pengertian, Bagian, hingga Kelebihannya 3 Perawatan untuk Mencegah Pintu Rumah Turun Perawatan pintu kayu merupakan cara paling ampuh untuk Anda bisa mencegah pintu rumah turun. Berikut ini kami sajikan tiga tips untuk merawat pintu kayu Anda: 1. Membersihkan debu Perawatan dasar yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan debu pada pintu. Debu yang menempel dapat mempercepat proses penuaan pada kayu. Akibatnya, pintu kayu akan lebih mudah rusak.  Cara membersihkan debu pada pintu kayu dapat dilakukan dengan menggunakan kain lembut 1-2 kali dalam sebulan.  Selain debu yang terdapat pada pintu, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan pada bagian lintasan pintu. Bersihkan lintasan pintu dari debu, kerikil, hingga benda-benda yang bisa menghambat pintu pada saat akan dibuka atau ditutup. 2. Hindari aksesoris berlebihan pada pintu Daun pintu yang memiliki beban terlalu berat dapat menyebabkan pintu menjadi turun dan berderit. Anda dapat menggunakan aksesoris pintu yang ringan untuk menghindari hal tersebut. Hindari untuk menggantung benda dengan beban yang berat untuk mencegah pintu Anda turun. 3. Panggil ahli  Jika pintu Anda tetap turun dan berderit setelah melakukan berbagai perawatan serta menerapkan berbagai cara perbaiki pintu yang turun, maka Anda dapat memanggil ahli untuk menganalisis penyebab pintu Anda turun. Penutup Nah, sekarang saatnya bagi Anda mengikuti setiap langkah dan cara perbaiki pintu yang turun berdasarkan informasi dari Citra Kayon. Semoga langkah-langkah tersebut bisa membantu Anda untuk mengembalikan tampilan cantik pintu kayu rumah Anda.  Jika Anda sedang mencari pintu kayu dengan berbagai desain modern nan estetik, untuk rumah Anda, Citra Kayon memiliki beragam pintu dengan desain yang cocok untuk rumah modern klasik Anda. Lihatlah Produk Kami sekarang dan temukan pintu kayu dengan desain yang Anda butuhkan!