Diunggah pada 28 Februari 2023

6 Cara Membasmi Rayap Pada Kusen, Manjur dan Ampuh!

Oleh Admin Citra Kayon

6 Cara Membasmi Rayap Pada Kusen, Manjur dan Ampuh!

Terdapat beberapa cara membasmi rayap pada kusen pintu. Salah satu opsi yang mudah ditemukan untuk mencegah rayap di rumah Anda adalah dengan menggunakan larutan garam. 

Selain larutan garam, ada berbagai cara lain untuk mengusir serangga hama ini dari pintu kayu Anda. Namun, sebelum mengetahui cara-cara tersebut, Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana asal mula datangnya rayap di kayu. 

Lantas, bagaimana proses rayap bisa menyerang kayu hingga keropos, hancur, hingga  tidak berbentuk? Kemudian, cara-cara apa yang efektif untuk membasmi rayap? Lalu, apa saja pilihan kayu anti rayap yang cocok untuk rumah Anda?

Kami akan menjawab semua pertanyaan tersebut di artikel ini. Simak penjelasannya sampai habis. 

Asal Datangnya Rayap di Kayu

Asal datangnya rayap di kayu

Sebelum mengetahui beberapa cara membasmi rayap pada kusen, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana datangnya rayap pada kayu. 

Rayap merupakan serangga yang memiliki gaya hidup berkoloni di tanah dan memakan kayu sebagai nutrisinya. Serangga ini senang berada di lingkungan yang lembab, terutama di dalam tanah. Lingkungan yang lembab membuat rayap lebih mudah mengekspansi koloni mereka. 

Berdasarkan jenisnya, terdapat dua jenis rayap, yaitu rayap tanah dan rayap kayu kering. Sesuai namanya, rayap tanah hidup di dalam tanah sekaligus membangun terowongan lumpur yang terbuat dari air liur, lumpur, dan kotoran. Terowongan lumpur memiliki fungsi sebagai akses bagi rayap tanah untuk mencari sumber makanan di atas tanah. 

Ketika memasuki musim lembab seperti musim hujan, biasanya rayap tanah mulai membuat sarang di berbagai tempat termasuk di rumah Anda. Rayap jenis ini datang dari tanah dan masuk melalui sela-sela ubin rumah untuk mencari tempat yang dekat dengan kayu. Kemudian, mereka mulai membangun sarang rayap di sana.

Berbeda dengan rayap tanah, rayap kayu kering memiliki ketergantungan terhadap kelembaban dan cenderung memilih kayu yang sudah lapuk sebagai makanannya, seperti tunggul pohon yang sudah tua. Rayap jenis ini tidak bertempat di dalam tanah, melainkan mereka menghabiskan masa hidupnya pada kayu yang mereka makan. 

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kedua jenis rayap tersebut secara naluriah memang senang dengan kayu, terutama ketika kelembaban cuaca mulai tinggi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam cara membasmi rayap pada kusen kayu Anda.

Baca juga: Veneer Kayu: Pengertian, Jenis, hingga Alternatifnya

6 Cara Membasmi Rayap pada Kusen Pintu Kayu

Ada beberapa cara membasmi rayap pada kusen pintu yang dapat Anda dilakukan, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga kimiawi. Berikut kami sajikan enam cara yang dapat Anda gunakan untuk membasmi rayap pada kusen pintu agar rumah Anda tetap terlindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh serangga tersebut.

1. Larutan Air Garam

Cara membasmi rayap dengan air garam

Agar kayu tidak dimakan rayap, larutan air garam menjadi pilihan yang murah dan mudah untuk menghindar dari serangan rayap. Dengan bahan yang mudah ditemukan dan proses pembuatannya yang tidak sulit, cara ini menjadi salah satu pilihan yang paling efektif dan efisien sebagai cara membasmi rayap pada kusen.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melarutkan semangkuk garam dengan setengah liter air. Komposisi tersebut membuat larutan garam memiliki konsentrasi yang tinggi. Rayap tidak senang dengan sesuatu yang asin termasuk tanah asin. Maka, semakin banyak konsentrasi garam, semakin efektif larutan dalam membasmi rayap.

Selanjutnya, masukkan larutan garam ke dalam botol spray. Semprotkan larutan tersebut pada rayap sehingga akan membuat rayap musnah seketika. 

2. Air Kapur Sirih

Cara alami lainnya adalah dengan menggunakan air kapur sirih. Proses awal yang harus Anda lakukan adalah menaruh bubuk kapur sirih pada wadah. Kemudian, tuangkan sedikit demi sedikit air dengan perbandingan 1:2. Aduk hingga merata dan biarkan selama 30 menit hingga muncul endapan dari kapur tersebut. 

Langkah selanjutnya, pisahkan lapisan endapan dan air, lalu tuangkan air kapur sirih pada botol spray. Kemudian, percikkan atau semprotkan air kapur sirih pada area kusen yang diserang oleh rayap.

3. Air Cucian Beras

Cara membasmi rayap pada kusen dengan mudah dan murah lainnya yaitu dengan menggunakan air bekas cucian beras. Cara ini merupakan cara yang paling aman agar kusen tidak diserang oleh rayap. Anda juga dapat dengan mudah untuk melakukan cara ini karena siapa yang tidak tahu cara mencuci beras? 

Tidak ada cara khusus dalam proses pencucian beras untuk membasmi rayap. Cuci beras seperti biasa, kemudian simpan air bekas cucian beras tersebut. Anda dapat membasmi rayap yang berada di bawah kusen dengan cara menyiramkannya. Selain itu, Anda juga dapat menyemprotkan air cucian beras ke area sarang rayap yang berada di atas kusen menggunakan botol spray. 

4. Minyak Tanah

Minyak tanah menjadi salah satu cara membasmi rayap pada kusen dengan komponen yang cukup keras. Dapat dipastikan jika rayap terkena minyak tanah, mereka akan langsung mati karena sifat minyak tanah tersebut. Jika Anda memiliki stok minyak tanah di rumah, Anda dapat menggunakannya untuk melindungi kusen dari serangan rayap.

Namun, minyak tanah sendiri memiliki beberapa efek negatif, di antaranya adalah aroma menyengat yang dapat mengganggu indra penciuman Anda. Kemudian, karena sifatnya yang begitu keras, minyak tanah juga dapat menyebabkan korosi pada perabot yang Anda miliki. 

5. Tembakau

Cara membasmi rayap dengan tembakau

Tembakau dapat menjadi salah satu pilihan cara membasmi rayap pada kusen. Tembakau sendiri mengandung zat racun yang dapat dimanfaatkan untuk memusnahkan rayap. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan daun tembakau segar, Anda juga dapat menggunakan daun tembakau kering yang terdapat dalam puntung rokok.

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan daun tembakau dengan air secukupnya, kemudian siramkan ke sarang rayap. Nantinya, rayap-rayap itu tidak tahan dengan aroma tembakau. Saat keluar dari kayu, rayap akan langsung mati terkena air tembakau yang mengandung zat beracun. 

6. Racun Kimia

Sesuai dengan namanya, racun ini sangat efektif untuk mengusir rayap. Racun kimia memiliki berbagai jenis produk, mulai dari cairan, bubuk, hingga injeksi. 

Untuk membasmi rayap pada kusen pintu, disarankan untuk menggunakan jenis produk injeksi. Karena racun kimia akan terus bertahan pada kusen dan kusen jauh lebih aman dari serangan rayap.

Baca juga: Apa itu Engineering Door: Definisi, Jenis, hingga Kelebihannya

6 Pilihan Kayu Anti Rayap dari Citra Kayon

Tidak jarang, meskipun sudah melakukan berbagai cara untuk membasmi rayap pada kusen,  pintu terlanjur rusak dan hancur karena diserang oleh rayap. Hal ini mengakibatkan estetika rumah Anda menjadi tidak menarik akibat pintu menjadi rusak, keropos, dan mudah lapuk. 

Walaupun Anda telah memahami cara membasmi rayap pada kusen, alangkah lebih baik jika Anda menghindari masalah ini sedari awal dengan memilih kayu anti rayap. Berikut adalah 6 pilihan kayu anti rayap dari Citra Kayon yang dapat Anda gunakan:

1. Kayu Jati

Kayu jati kayu anti rayap

Kayu jati merupakan jenis kayu terbaik yang memiliki kualitas tinggi. Selain tahan terhadap serangan rayap, kayu ini memiliki struktur batang yang kuat terhadap perubahan cuaca dan termasuk jenis kayu yang mudah diolah. 

Kayu jati sering digunakan sebagai bahan membuat bangunan karena terkenal dengan keawetannya yang tinggi sekaligus tahan hama, termasuk rayap. Maka, tidak hanya untuk furnitur, kayu jenis ini juga digunakan sebagai bahan untuk membuat rel, jembatan, hingga kapal. 

2. Kayu Merbau

Kayu khas dari Maluku ini seringkali disebut dengan kayu besi karena karakternya yang keras. Kayu merbau memiliki beberapa keunggulan, mulai dari anti rayap, anti jamur, hingga tahan akan berbagai kondisi cuaca. Dengan berbagai kelebihannya tersebut, kayu jenis ini sangat cocok sebagai bahan baku pembuatan pintu.

3. Kayu Ulin

Kayu ulin merupakan ‘kayu besi’ lainnya setelah kayu merbau. Hal ini dikarenakan sifatnya yang kuat, berat, tahan banting, dan yang pasti anti rayap. Karena kekuatannya, kayu ulin sering dimanfaatkan sebagai pondasi bangunan yang berada di dalam air dan lahan yang basah ataupun lembab. 

4. Kayu Meranti

Kayu meranti merupakan salah satu kayu yang populer di kawasan Asia Tenggara. Dengan keunggulan struktur kayu yang kuat dan keras, kayu meranti tidak mudah mengalami perubahan seperti memuai atau melengkung. Di samping itu, kayu meranti juga terkenal sebagai kayu anti rayap dan tidak mudah rusak meskipun terendam air cukup lama. 

5. Kayu Sonokeling

Berasal dari Jawa dan termasuk kategori kayu keras dengan total mutu yang tinggi, kayu Sonokeling memiliki getah alami yang berfungsi sebagai penangkal rayap serta jamur tanpa perlu menambah racun anti rayap lagi. Sehingga, kayu ini cenderung lebih awet dan dapat bertahan lama. 

6. Kayu Sengon Laut

Rekomendasi jenis kayu terakhir yaitu kayu sengon laut. Faktanya, kayu ini tidak dapat diserang oleh rayap karena mengandung zat ekstraktif di dalam kayu tersebut.. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir karena jenis kayu yang Anda gunakan telah memiliki kandungan anti rayap. Anda dapat menggunakan kayu sengon laut untuk bahan-bahan bangunan rumah seperti papan, balok, tiang, dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah ulasan mengenai cara membasmi rayap pada kusen dan juga beberapa rekomendasi jenis kayu yang dapat Anda gunakan agar terhindar dari serangan rayap. Semoga dapat membantu sekaligus memberikan solusi untuk Anda dalam mengatasi permasalahan rayap pada kusen pintu kayu yang Anda gunakan. 

Jika Anda sedang mencari kayu anti rayap berkualitas tinggi, Citra Kayon adalah jawabannya. Anda tidak perlu khawatir akan kualitas kayu yang kami berikan. Karena sebelum diproduksi, dapat dipastikan bahwa semua produk kayu kami sudah direndam dengan cairan anti rayap. Kunjungi halaman produk kami sekarang untuk informasi selengkapnya. 

Artikel Terkait
Ukuran Kusen Pintu: Ketahui Standar untuk Pintu dan Jendela!
Ukuran Kusen Pintu: Ketahui Standar untuk Pintu dan Jendela!

Terdapat beberapa cara membasmi rayap pada kusen pintu. Salah satu opsi yang mudah ditemukan untuk mencegah rayap di rumah Anda adalah dengan menggunakan larutan garam.  Selain larutan garam, ada berbagai cara lain untuk mengusir serangga hama ini dari pintu kayu Anda. Namun, sebelum mengetahui cara-cara tersebut, Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana asal mula datangnya rayap di kayu.  Lantas, bagaimana proses rayap bisa menyerang kayu hingga keropos, hancur, hingga  tidak berbentuk? Kemudian, cara-cara apa yang efektif untuk membasmi rayap? Lalu, apa saja pilihan kayu anti rayap yang cocok untuk rumah Anda? Kami akan menjawab semua pertanyaan tersebut di artikel ini. Simak penjelasannya sampai habis.  Asal Datangnya Rayap di Kayu Sebelum mengetahui beberapa cara membasmi rayap pada kusen, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana datangnya rayap pada kayu.  Rayap merupakan serangga yang memiliki gaya hidup berkoloni di tanah dan memakan kayu sebagai nutrisinya. Serangga ini senang berada di lingkungan yang lembab, terutama di dalam tanah. Lingkungan yang lembab membuat rayap lebih mudah mengekspansi koloni mereka.  Berdasarkan jenisnya, terdapat dua jenis rayap, yaitu rayap tanah dan rayap kayu kering. Sesuai namanya, rayap tanah hidup di dalam tanah sekaligus membangun terowongan lumpur yang terbuat dari air liur, lumpur, dan kotoran. Terowongan lumpur memiliki fungsi sebagai akses bagi rayap tanah untuk mencari sumber makanan di atas tanah.  Ketika memasuki musim lembab seperti musim hujan, biasanya rayap tanah mulai membuat sarang di berbagai tempat termasuk di rumah Anda. Rayap jenis ini datang dari tanah dan masuk melalui sela-sela ubin rumah untuk mencari tempat yang dekat dengan kayu. Kemudian, mereka mulai membangun sarang rayap di sana. Berbeda dengan rayap tanah, rayap kayu kering memiliki ketergantungan terhadap kelembaban dan cenderung memilih kayu yang sudah lapuk sebagai makanannya, seperti tunggul pohon yang sudah tua. Rayap jenis ini tidak bertempat di dalam tanah, melainkan mereka menghabiskan masa hidupnya pada kayu yang mereka makan.  Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kedua jenis rayap tersebut secara naluriah memang senang dengan kayu, terutama ketika kelembaban cuaca mulai tinggi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam cara membasmi rayap pada kusen kayu Anda. Baca juga: Veneer Kayu: Pengertian, Jenis, hingga Alternatifnya 6 Cara Membasmi Rayap pada Kusen Pintu Kayu Ada beberapa cara membasmi rayap pada kusen pintu yang dapat Anda dilakukan, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga kimiawi. Berikut kami sajikan enam cara yang dapat Anda gunakan untuk membasmi rayap pada kusen pintu agar rumah Anda tetap terlindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh serangga tersebut. 1. Larutan Air Garam Agar kayu tidak dimakan rayap, larutan air garam menjadi pilihan yang murah dan mudah untuk menghindar dari serangan rayap. Dengan bahan yang mudah ditemukan dan proses pembuatannya yang tidak sulit, cara ini menjadi salah satu pilihan yang paling efektif dan efisien sebagai cara membasmi rayap pada kusen. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melarutkan semangkuk garam dengan setengah liter air. Komposisi tersebut membuat larutan garam memiliki konsentrasi yang tinggi. Rayap tidak senang dengan sesuatu yang asin termasuk tanah asin. Maka, semakin banyak konsentrasi garam, semakin efektif larutan dalam membasmi rayap. Selanjutnya, masukkan larutan garam ke dalam botol spray. Semprotkan larutan tersebut pada rayap sehingga akan membuat rayap musnah seketika.  2. Air Kapur Sirih Cara alami lainnya adalah dengan menggunakan air kapur sirih. Proses awal yang harus Anda lakukan adalah menaruh bubuk kapur sirih pada wadah. Kemudian, tuangkan sedikit demi sedikit air dengan perbandingan 1:2. Aduk hingga merata dan biarkan selama 30 menit hingga muncul endapan dari kapur tersebut.  Langkah selanjutnya, pisahkan lapisan endapan dan air, lalu tuangkan air kapur sirih pada botol spray. Kemudian, percikkan atau semprotkan air kapur sirih pada area kusen yang diserang oleh rayap. 3. Air Cucian Beras Cara membasmi rayap pada kusen dengan mudah dan murah lainnya yaitu dengan menggunakan air bekas cucian beras. Cara ini merupakan cara yang paling aman agar kusen tidak diserang oleh rayap. Anda juga dapat dengan mudah untuk melakukan cara ini karena siapa yang tidak tahu cara mencuci beras?  Tidak ada cara khusus dalam proses pencucian beras untuk membasmi rayap. Cuci beras seperti biasa, kemudian simpan air bekas cucian beras tersebut. Anda dapat membasmi rayap yang berada di bawah kusen dengan cara menyiramkannya. Selain itu, Anda juga dapat menyemprotkan air cucian beras ke area sarang rayap yang berada di atas kusen menggunakan botol spray.  4. Minyak Tanah Minyak tanah menjadi salah satu cara membasmi rayap pada kusen dengan komponen yang cukup keras. Dapat dipastikan jika rayap terkena minyak tanah, mereka akan langsung mati karena sifat minyak tanah tersebut. Jika Anda memiliki stok minyak tanah di rumah, Anda dapat menggunakannya untuk melindungi kusen dari serangan rayap. Namun, minyak tanah sendiri memiliki beberapa efek negatif, di antaranya adalah aroma menyengat yang dapat mengganggu indra penciuman Anda. Kemudian, karena sifatnya yang begitu keras, minyak tanah juga dapat menyebabkan korosi pada perabot yang Anda miliki.  5. Tembakau Tembakau dapat menjadi salah satu pilihan cara membasmi rayap pada kusen. Tembakau sendiri mengandung zat racun yang dapat dimanfaatkan untuk memusnahkan rayap. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan daun tembakau segar, Anda juga dapat menggunakan daun tembakau kering yang terdapat dalam puntung rokok. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan daun tembakau dengan air secukupnya, kemudian siramkan ke sarang rayap. Nantinya, rayap-rayap itu tidak tahan dengan aroma tembakau. Saat keluar dari kayu, rayap akan langsung mati terkena air tembakau yang mengandung zat beracun.  6. Racun Kimia Sesuai dengan namanya, racun ini sangat efektif untuk mengusir rayap. Racun kimia memiliki berbagai jenis produk, mulai dari cairan, bubuk, hingga injeksi.  Untuk membasmi rayap pada kusen pintu, disarankan untuk menggunakan jenis produk injeksi. Karena racun kimia akan terus bertahan pada kusen dan kusen jauh lebih aman dari serangan rayap. Baca juga: Apa itu Engineering Door: Definisi, Jenis, hingga Kelebihannya 6 Pilihan Kayu Anti Rayap dari Citra Kayon Tidak jarang, meskipun sudah melakukan berbagai cara untuk membasmi rayap pada kusen,  pintu terlanjur rusak dan hancur karena diserang oleh rayap. Hal ini mengakibatkan estetika rumah Anda menjadi tidak menarik akibat pintu menjadi rusak, keropos, dan mudah lapuk.  Walaupun Anda telah memahami cara membasmi rayap pada kusen, alangkah lebih baik jika Anda menghindari masalah ini sedari awal dengan memilih kayu anti rayap. Berikut adalah 6 pilihan kayu anti rayap dari Citra Kayon yang dapat Anda gunakan: 1. Kayu Jati Kayu jati merupakan jenis kayu terbaik yang memiliki kualitas tinggi. Selain tahan terhadap serangan rayap, kayu ini memiliki struktur batang yang kuat terhadap perubahan cuaca dan termasuk jenis kayu yang mudah diolah.  Kayu jati sering digunakan sebagai bahan membuat bangunan karena terkenal dengan keawetannya yang tinggi sekaligus tahan hama, termasuk rayap. Maka, tidak hanya untuk furnitur, kayu jenis ini juga digunakan sebagai bahan untuk membuat rel, jembatan, hingga kapal.  2. Kayu Merbau Kayu khas dari Maluku ini seringkali disebut dengan kayu besi karena karakternya yang keras. Kayu merbau memiliki beberapa keunggulan, mulai dari anti rayap, anti jamur, hingga tahan akan berbagai kondisi cuaca. Dengan berbagai kelebihannya tersebut, kayu jenis ini sangat cocok sebagai bahan baku pembuatan pintu. 3. Kayu Ulin Kayu ulin merupakan ‘kayu besi’ lainnya setelah kayu merbau. Hal ini dikarenakan sifatnya yang kuat, berat, tahan banting, dan yang pasti anti rayap. Karena kekuatannya, kayu ulin sering dimanfaatkan sebagai pondasi bangunan yang berada di dalam air dan lahan yang basah ataupun lembab.  4. Kayu Meranti Kayu meranti merupakan salah satu kayu yang populer di kawasan Asia Tenggara. Dengan keunggulan struktur kayu yang kuat dan keras, kayu meranti tidak mudah mengalami perubahan seperti memuai atau melengkung. Di samping itu, kayu meranti juga terkenal sebagai kayu anti rayap dan tidak mudah rusak meskipun terendam air cukup lama.  5. Kayu Sonokeling Berasal dari Jawa dan termasuk kategori kayu keras dengan total mutu yang tinggi, kayu Sonokeling memiliki getah alami yang berfungsi sebagai penangkal rayap serta jamur tanpa perlu menambah racun anti rayap lagi. Sehingga, kayu ini cenderung lebih awet dan dapat bertahan lama.  6. Kayu Sengon Laut Rekomendasi jenis kayu terakhir yaitu kayu sengon laut. Faktanya, kayu ini tidak dapat diserang oleh rayap karena mengandung zat ekstraktif di dalam kayu tersebut.. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir karena jenis kayu yang Anda gunakan telah memiliki kandungan anti rayap. Anda dapat menggunakan kayu sengon laut untuk bahan-bahan bangunan rumah seperti papan, balok, tiang, dan lain sebagainya. Penutup Itulah ulasan mengenai cara membasmi rayap pada kusen dan juga beberapa rekomendasi jenis kayu yang dapat Anda gunakan agar terhindar dari serangan rayap. Semoga dapat membantu sekaligus memberikan solusi untuk Anda dalam mengatasi permasalahan rayap pada kusen pintu kayu yang Anda gunakan.  Jika Anda sedang mencari kayu anti rayap berkualitas tinggi, Citra Kayon adalah jawabannya. Anda tidak perlu khawatir akan kualitas kayu yang kami berikan. Karena sebelum diproduksi, dapat dipastikan bahwa semua produk kayu kami sudah direndam dengan cairan anti rayap. Kunjungi halaman produk kami sekarang untuk informasi selengkapnya. 

Pintu Melengkung? Ini 5 Cara Jitu Meluruskannya Kembali!
Pintu Melengkung? Ini 5 Cara Jitu Meluruskannya Kembali!

Terdapat beberapa cara membasmi rayap pada kusen pintu. Salah satu opsi yang mudah ditemukan untuk mencegah rayap di rumah Anda adalah dengan menggunakan larutan garam.  Selain larutan garam, ada berbagai cara lain untuk mengusir serangga hama ini dari pintu kayu Anda. Namun, sebelum mengetahui cara-cara tersebut, Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana asal mula datangnya rayap di kayu.  Lantas, bagaimana proses rayap bisa menyerang kayu hingga keropos, hancur, hingga  tidak berbentuk? Kemudian, cara-cara apa yang efektif untuk membasmi rayap? Lalu, apa saja pilihan kayu anti rayap yang cocok untuk rumah Anda? Kami akan menjawab semua pertanyaan tersebut di artikel ini. Simak penjelasannya sampai habis.  Asal Datangnya Rayap di Kayu Sebelum mengetahui beberapa cara membasmi rayap pada kusen, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana datangnya rayap pada kayu.  Rayap merupakan serangga yang memiliki gaya hidup berkoloni di tanah dan memakan kayu sebagai nutrisinya. Serangga ini senang berada di lingkungan yang lembab, terutama di dalam tanah. Lingkungan yang lembab membuat rayap lebih mudah mengekspansi koloni mereka.  Berdasarkan jenisnya, terdapat dua jenis rayap, yaitu rayap tanah dan rayap kayu kering. Sesuai namanya, rayap tanah hidup di dalam tanah sekaligus membangun terowongan lumpur yang terbuat dari air liur, lumpur, dan kotoran. Terowongan lumpur memiliki fungsi sebagai akses bagi rayap tanah untuk mencari sumber makanan di atas tanah.  Ketika memasuki musim lembab seperti musim hujan, biasanya rayap tanah mulai membuat sarang di berbagai tempat termasuk di rumah Anda. Rayap jenis ini datang dari tanah dan masuk melalui sela-sela ubin rumah untuk mencari tempat yang dekat dengan kayu. Kemudian, mereka mulai membangun sarang rayap di sana. Berbeda dengan rayap tanah, rayap kayu kering memiliki ketergantungan terhadap kelembaban dan cenderung memilih kayu yang sudah lapuk sebagai makanannya, seperti tunggul pohon yang sudah tua. Rayap jenis ini tidak bertempat di dalam tanah, melainkan mereka menghabiskan masa hidupnya pada kayu yang mereka makan.  Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kedua jenis rayap tersebut secara naluriah memang senang dengan kayu, terutama ketika kelembaban cuaca mulai tinggi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam cara membasmi rayap pada kusen kayu Anda. Baca juga: Veneer Kayu: Pengertian, Jenis, hingga Alternatifnya 6 Cara Membasmi Rayap pada Kusen Pintu Kayu Ada beberapa cara membasmi rayap pada kusen pintu yang dapat Anda dilakukan, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga kimiawi. Berikut kami sajikan enam cara yang dapat Anda gunakan untuk membasmi rayap pada kusen pintu agar rumah Anda tetap terlindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh serangga tersebut. 1. Larutan Air Garam Agar kayu tidak dimakan rayap, larutan air garam menjadi pilihan yang murah dan mudah untuk menghindar dari serangan rayap. Dengan bahan yang mudah ditemukan dan proses pembuatannya yang tidak sulit, cara ini menjadi salah satu pilihan yang paling efektif dan efisien sebagai cara membasmi rayap pada kusen. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melarutkan semangkuk garam dengan setengah liter air. Komposisi tersebut membuat larutan garam memiliki konsentrasi yang tinggi. Rayap tidak senang dengan sesuatu yang asin termasuk tanah asin. Maka, semakin banyak konsentrasi garam, semakin efektif larutan dalam membasmi rayap. Selanjutnya, masukkan larutan garam ke dalam botol spray. Semprotkan larutan tersebut pada rayap sehingga akan membuat rayap musnah seketika.  2. Air Kapur Sirih Cara alami lainnya adalah dengan menggunakan air kapur sirih. Proses awal yang harus Anda lakukan adalah menaruh bubuk kapur sirih pada wadah. Kemudian, tuangkan sedikit demi sedikit air dengan perbandingan 1:2. Aduk hingga merata dan biarkan selama 30 menit hingga muncul endapan dari kapur tersebut.  Langkah selanjutnya, pisahkan lapisan endapan dan air, lalu tuangkan air kapur sirih pada botol spray. Kemudian, percikkan atau semprotkan air kapur sirih pada area kusen yang diserang oleh rayap. 3. Air Cucian Beras Cara membasmi rayap pada kusen dengan mudah dan murah lainnya yaitu dengan menggunakan air bekas cucian beras. Cara ini merupakan cara yang paling aman agar kusen tidak diserang oleh rayap. Anda juga dapat dengan mudah untuk melakukan cara ini karena siapa yang tidak tahu cara mencuci beras?  Tidak ada cara khusus dalam proses pencucian beras untuk membasmi rayap. Cuci beras seperti biasa, kemudian simpan air bekas cucian beras tersebut. Anda dapat membasmi rayap yang berada di bawah kusen dengan cara menyiramkannya. Selain itu, Anda juga dapat menyemprotkan air cucian beras ke area sarang rayap yang berada di atas kusen menggunakan botol spray.  4. Minyak Tanah Minyak tanah menjadi salah satu cara membasmi rayap pada kusen dengan komponen yang cukup keras. Dapat dipastikan jika rayap terkena minyak tanah, mereka akan langsung mati karena sifat minyak tanah tersebut. Jika Anda memiliki stok minyak tanah di rumah, Anda dapat menggunakannya untuk melindungi kusen dari serangan rayap. Namun, minyak tanah sendiri memiliki beberapa efek negatif, di antaranya adalah aroma menyengat yang dapat mengganggu indra penciuman Anda. Kemudian, karena sifatnya yang begitu keras, minyak tanah juga dapat menyebabkan korosi pada perabot yang Anda miliki.  5. Tembakau Tembakau dapat menjadi salah satu pilihan cara membasmi rayap pada kusen. Tembakau sendiri mengandung zat racun yang dapat dimanfaatkan untuk memusnahkan rayap. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan daun tembakau segar, Anda juga dapat menggunakan daun tembakau kering yang terdapat dalam puntung rokok. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan daun tembakau dengan air secukupnya, kemudian siramkan ke sarang rayap. Nantinya, rayap-rayap itu tidak tahan dengan aroma tembakau. Saat keluar dari kayu, rayap akan langsung mati terkena air tembakau yang mengandung zat beracun.  6. Racun Kimia Sesuai dengan namanya, racun ini sangat efektif untuk mengusir rayap. Racun kimia memiliki berbagai jenis produk, mulai dari cairan, bubuk, hingga injeksi.  Untuk membasmi rayap pada kusen pintu, disarankan untuk menggunakan jenis produk injeksi. Karena racun kimia akan terus bertahan pada kusen dan kusen jauh lebih aman dari serangan rayap. Baca juga: Apa itu Engineering Door: Definisi, Jenis, hingga Kelebihannya 6 Pilihan Kayu Anti Rayap dari Citra Kayon Tidak jarang, meskipun sudah melakukan berbagai cara untuk membasmi rayap pada kusen,  pintu terlanjur rusak dan hancur karena diserang oleh rayap. Hal ini mengakibatkan estetika rumah Anda menjadi tidak menarik akibat pintu menjadi rusak, keropos, dan mudah lapuk.  Walaupun Anda telah memahami cara membasmi rayap pada kusen, alangkah lebih baik jika Anda menghindari masalah ini sedari awal dengan memilih kayu anti rayap. Berikut adalah 6 pilihan kayu anti rayap dari Citra Kayon yang dapat Anda gunakan: 1. Kayu Jati Kayu jati merupakan jenis kayu terbaik yang memiliki kualitas tinggi. Selain tahan terhadap serangan rayap, kayu ini memiliki struktur batang yang kuat terhadap perubahan cuaca dan termasuk jenis kayu yang mudah diolah.  Kayu jati sering digunakan sebagai bahan membuat bangunan karena terkenal dengan keawetannya yang tinggi sekaligus tahan hama, termasuk rayap. Maka, tidak hanya untuk furnitur, kayu jenis ini juga digunakan sebagai bahan untuk membuat rel, jembatan, hingga kapal.  2. Kayu Merbau Kayu khas dari Maluku ini seringkali disebut dengan kayu besi karena karakternya yang keras. Kayu merbau memiliki beberapa keunggulan, mulai dari anti rayap, anti jamur, hingga tahan akan berbagai kondisi cuaca. Dengan berbagai kelebihannya tersebut, kayu jenis ini sangat cocok sebagai bahan baku pembuatan pintu. 3. Kayu Ulin Kayu ulin merupakan ‘kayu besi’ lainnya setelah kayu merbau. Hal ini dikarenakan sifatnya yang kuat, berat, tahan banting, dan yang pasti anti rayap. Karena kekuatannya, kayu ulin sering dimanfaatkan sebagai pondasi bangunan yang berada di dalam air dan lahan yang basah ataupun lembab.  4. Kayu Meranti Kayu meranti merupakan salah satu kayu yang populer di kawasan Asia Tenggara. Dengan keunggulan struktur kayu yang kuat dan keras, kayu meranti tidak mudah mengalami perubahan seperti memuai atau melengkung. Di samping itu, kayu meranti juga terkenal sebagai kayu anti rayap dan tidak mudah rusak meskipun terendam air cukup lama.  5. Kayu Sonokeling Berasal dari Jawa dan termasuk kategori kayu keras dengan total mutu yang tinggi, kayu Sonokeling memiliki getah alami yang berfungsi sebagai penangkal rayap serta jamur tanpa perlu menambah racun anti rayap lagi. Sehingga, kayu ini cenderung lebih awet dan dapat bertahan lama.  6. Kayu Sengon Laut Rekomendasi jenis kayu terakhir yaitu kayu sengon laut. Faktanya, kayu ini tidak dapat diserang oleh rayap karena mengandung zat ekstraktif di dalam kayu tersebut.. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir karena jenis kayu yang Anda gunakan telah memiliki kandungan anti rayap. Anda dapat menggunakan kayu sengon laut untuk bahan-bahan bangunan rumah seperti papan, balok, tiang, dan lain sebagainya. Penutup Itulah ulasan mengenai cara membasmi rayap pada kusen dan juga beberapa rekomendasi jenis kayu yang dapat Anda gunakan agar terhindar dari serangan rayap. Semoga dapat membantu sekaligus memberikan solusi untuk Anda dalam mengatasi permasalahan rayap pada kusen pintu kayu yang Anda gunakan.  Jika Anda sedang mencari kayu anti rayap berkualitas tinggi, Citra Kayon adalah jawabannya. Anda tidak perlu khawatir akan kualitas kayu yang kami berikan. Karena sebelum diproduksi, dapat dipastikan bahwa semua produk kayu kami sudah direndam dengan cairan anti rayap. Kunjungi halaman produk kami sekarang untuk informasi selengkapnya. 

10 Kelebihan Pintu Kayu, Berestetika Tinggi hingga Tahan Lama
10 Kelebihan Pintu Kayu, Berestetika Tinggi hingga Tahan Lama

Terdapat beberapa cara membasmi rayap pada kusen pintu. Salah satu opsi yang mudah ditemukan untuk mencegah rayap di rumah Anda adalah dengan menggunakan larutan garam.  Selain larutan garam, ada berbagai cara lain untuk mengusir serangga hama ini dari pintu kayu Anda. Namun, sebelum mengetahui cara-cara tersebut, Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana asal mula datangnya rayap di kayu.  Lantas, bagaimana proses rayap bisa menyerang kayu hingga keropos, hancur, hingga  tidak berbentuk? Kemudian, cara-cara apa yang efektif untuk membasmi rayap? Lalu, apa saja pilihan kayu anti rayap yang cocok untuk rumah Anda? Kami akan menjawab semua pertanyaan tersebut di artikel ini. Simak penjelasannya sampai habis.  Asal Datangnya Rayap di Kayu Sebelum mengetahui beberapa cara membasmi rayap pada kusen, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana datangnya rayap pada kayu.  Rayap merupakan serangga yang memiliki gaya hidup berkoloni di tanah dan memakan kayu sebagai nutrisinya. Serangga ini senang berada di lingkungan yang lembab, terutama di dalam tanah. Lingkungan yang lembab membuat rayap lebih mudah mengekspansi koloni mereka.  Berdasarkan jenisnya, terdapat dua jenis rayap, yaitu rayap tanah dan rayap kayu kering. Sesuai namanya, rayap tanah hidup di dalam tanah sekaligus membangun terowongan lumpur yang terbuat dari air liur, lumpur, dan kotoran. Terowongan lumpur memiliki fungsi sebagai akses bagi rayap tanah untuk mencari sumber makanan di atas tanah.  Ketika memasuki musim lembab seperti musim hujan, biasanya rayap tanah mulai membuat sarang di berbagai tempat termasuk di rumah Anda. Rayap jenis ini datang dari tanah dan masuk melalui sela-sela ubin rumah untuk mencari tempat yang dekat dengan kayu. Kemudian, mereka mulai membangun sarang rayap di sana. Berbeda dengan rayap tanah, rayap kayu kering memiliki ketergantungan terhadap kelembaban dan cenderung memilih kayu yang sudah lapuk sebagai makanannya, seperti tunggul pohon yang sudah tua. Rayap jenis ini tidak bertempat di dalam tanah, melainkan mereka menghabiskan masa hidupnya pada kayu yang mereka makan.  Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kedua jenis rayap tersebut secara naluriah memang senang dengan kayu, terutama ketika kelembaban cuaca mulai tinggi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam cara membasmi rayap pada kusen kayu Anda. Baca juga: Veneer Kayu: Pengertian, Jenis, hingga Alternatifnya 6 Cara Membasmi Rayap pada Kusen Pintu Kayu Ada beberapa cara membasmi rayap pada kusen pintu yang dapat Anda dilakukan, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga kimiawi. Berikut kami sajikan enam cara yang dapat Anda gunakan untuk membasmi rayap pada kusen pintu agar rumah Anda tetap terlindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh serangga tersebut. 1. Larutan Air Garam Agar kayu tidak dimakan rayap, larutan air garam menjadi pilihan yang murah dan mudah untuk menghindar dari serangan rayap. Dengan bahan yang mudah ditemukan dan proses pembuatannya yang tidak sulit, cara ini menjadi salah satu pilihan yang paling efektif dan efisien sebagai cara membasmi rayap pada kusen. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melarutkan semangkuk garam dengan setengah liter air. Komposisi tersebut membuat larutan garam memiliki konsentrasi yang tinggi. Rayap tidak senang dengan sesuatu yang asin termasuk tanah asin. Maka, semakin banyak konsentrasi garam, semakin efektif larutan dalam membasmi rayap. Selanjutnya, masukkan larutan garam ke dalam botol spray. Semprotkan larutan tersebut pada rayap sehingga akan membuat rayap musnah seketika.  2. Air Kapur Sirih Cara alami lainnya adalah dengan menggunakan air kapur sirih. Proses awal yang harus Anda lakukan adalah menaruh bubuk kapur sirih pada wadah. Kemudian, tuangkan sedikit demi sedikit air dengan perbandingan 1:2. Aduk hingga merata dan biarkan selama 30 menit hingga muncul endapan dari kapur tersebut.  Langkah selanjutnya, pisahkan lapisan endapan dan air, lalu tuangkan air kapur sirih pada botol spray. Kemudian, percikkan atau semprotkan air kapur sirih pada area kusen yang diserang oleh rayap. 3. Air Cucian Beras Cara membasmi rayap pada kusen dengan mudah dan murah lainnya yaitu dengan menggunakan air bekas cucian beras. Cara ini merupakan cara yang paling aman agar kusen tidak diserang oleh rayap. Anda juga dapat dengan mudah untuk melakukan cara ini karena siapa yang tidak tahu cara mencuci beras?  Tidak ada cara khusus dalam proses pencucian beras untuk membasmi rayap. Cuci beras seperti biasa, kemudian simpan air bekas cucian beras tersebut. Anda dapat membasmi rayap yang berada di bawah kusen dengan cara menyiramkannya. Selain itu, Anda juga dapat menyemprotkan air cucian beras ke area sarang rayap yang berada di atas kusen menggunakan botol spray.  4. Minyak Tanah Minyak tanah menjadi salah satu cara membasmi rayap pada kusen dengan komponen yang cukup keras. Dapat dipastikan jika rayap terkena minyak tanah, mereka akan langsung mati karena sifat minyak tanah tersebut. Jika Anda memiliki stok minyak tanah di rumah, Anda dapat menggunakannya untuk melindungi kusen dari serangan rayap. Namun, minyak tanah sendiri memiliki beberapa efek negatif, di antaranya adalah aroma menyengat yang dapat mengganggu indra penciuman Anda. Kemudian, karena sifatnya yang begitu keras, minyak tanah juga dapat menyebabkan korosi pada perabot yang Anda miliki.  5. Tembakau Tembakau dapat menjadi salah satu pilihan cara membasmi rayap pada kusen. Tembakau sendiri mengandung zat racun yang dapat dimanfaatkan untuk memusnahkan rayap. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan daun tembakau segar, Anda juga dapat menggunakan daun tembakau kering yang terdapat dalam puntung rokok. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan daun tembakau dengan air secukupnya, kemudian siramkan ke sarang rayap. Nantinya, rayap-rayap itu tidak tahan dengan aroma tembakau. Saat keluar dari kayu, rayap akan langsung mati terkena air tembakau yang mengandung zat beracun.  6. Racun Kimia Sesuai dengan namanya, racun ini sangat efektif untuk mengusir rayap. Racun kimia memiliki berbagai jenis produk, mulai dari cairan, bubuk, hingga injeksi.  Untuk membasmi rayap pada kusen pintu, disarankan untuk menggunakan jenis produk injeksi. Karena racun kimia akan terus bertahan pada kusen dan kusen jauh lebih aman dari serangan rayap. Baca juga: Apa itu Engineering Door: Definisi, Jenis, hingga Kelebihannya 6 Pilihan Kayu Anti Rayap dari Citra Kayon Tidak jarang, meskipun sudah melakukan berbagai cara untuk membasmi rayap pada kusen,  pintu terlanjur rusak dan hancur karena diserang oleh rayap. Hal ini mengakibatkan estetika rumah Anda menjadi tidak menarik akibat pintu menjadi rusak, keropos, dan mudah lapuk.  Walaupun Anda telah memahami cara membasmi rayap pada kusen, alangkah lebih baik jika Anda menghindari masalah ini sedari awal dengan memilih kayu anti rayap. Berikut adalah 6 pilihan kayu anti rayap dari Citra Kayon yang dapat Anda gunakan: 1. Kayu Jati Kayu jati merupakan jenis kayu terbaik yang memiliki kualitas tinggi. Selain tahan terhadap serangan rayap, kayu ini memiliki struktur batang yang kuat terhadap perubahan cuaca dan termasuk jenis kayu yang mudah diolah.  Kayu jati sering digunakan sebagai bahan membuat bangunan karena terkenal dengan keawetannya yang tinggi sekaligus tahan hama, termasuk rayap. Maka, tidak hanya untuk furnitur, kayu jenis ini juga digunakan sebagai bahan untuk membuat rel, jembatan, hingga kapal.  2. Kayu Merbau Kayu khas dari Maluku ini seringkali disebut dengan kayu besi karena karakternya yang keras. Kayu merbau memiliki beberapa keunggulan, mulai dari anti rayap, anti jamur, hingga tahan akan berbagai kondisi cuaca. Dengan berbagai kelebihannya tersebut, kayu jenis ini sangat cocok sebagai bahan baku pembuatan pintu. 3. Kayu Ulin Kayu ulin merupakan ‘kayu besi’ lainnya setelah kayu merbau. Hal ini dikarenakan sifatnya yang kuat, berat, tahan banting, dan yang pasti anti rayap. Karena kekuatannya, kayu ulin sering dimanfaatkan sebagai pondasi bangunan yang berada di dalam air dan lahan yang basah ataupun lembab.  4. Kayu Meranti Kayu meranti merupakan salah satu kayu yang populer di kawasan Asia Tenggara. Dengan keunggulan struktur kayu yang kuat dan keras, kayu meranti tidak mudah mengalami perubahan seperti memuai atau melengkung. Di samping itu, kayu meranti juga terkenal sebagai kayu anti rayap dan tidak mudah rusak meskipun terendam air cukup lama.  5. Kayu Sonokeling Berasal dari Jawa dan termasuk kategori kayu keras dengan total mutu yang tinggi, kayu Sonokeling memiliki getah alami yang berfungsi sebagai penangkal rayap serta jamur tanpa perlu menambah racun anti rayap lagi. Sehingga, kayu ini cenderung lebih awet dan dapat bertahan lama.  6. Kayu Sengon Laut Rekomendasi jenis kayu terakhir yaitu kayu sengon laut. Faktanya, kayu ini tidak dapat diserang oleh rayap karena mengandung zat ekstraktif di dalam kayu tersebut.. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir karena jenis kayu yang Anda gunakan telah memiliki kandungan anti rayap. Anda dapat menggunakan kayu sengon laut untuk bahan-bahan bangunan rumah seperti papan, balok, tiang, dan lain sebagainya. Penutup Itulah ulasan mengenai cara membasmi rayap pada kusen dan juga beberapa rekomendasi jenis kayu yang dapat Anda gunakan agar terhindar dari serangan rayap. Semoga dapat membantu sekaligus memberikan solusi untuk Anda dalam mengatasi permasalahan rayap pada kusen pintu kayu yang Anda gunakan.  Jika Anda sedang mencari kayu anti rayap berkualitas tinggi, Citra Kayon adalah jawabannya. Anda tidak perlu khawatir akan kualitas kayu yang kami berikan. Karena sebelum diproduksi, dapat dipastikan bahwa semua produk kayu kami sudah direndam dengan cairan anti rayap. Kunjungi halaman produk kami sekarang untuk informasi selengkapnya.